Short Animation “Tugas Akhir” By Wiedya Dharma

tugas-akhir

 

Tugas Akhir adalah sebuah animasi film pendek yang menceritakan tentang seorang mahasiswa yang menghadapi tugas akhirnya dengan tidak bersungguh-sungguh yang menyebabkan mahasiswa tersebut telah gagal sebanyak tiga kali dalam proses pemilihan judul tugas akhir, dan hanya memiliki satu kali lagi kesempatan untuk mempresentasikan judul-judulnya, dan apabila dia tidak berhasil membuat dosen pengujinya terkesan, maka mahasiswa tersebut tugas akhirnya akan digugurkan dan mahasiswa tersebut harus mengulang lagi semester akhirnya di tahun berikutnya.

ta1 ta2

Perancangan animasi film pendek ini dimulai dengan pemilihan konsep cerita yang diambil berdasarkan pengalaman di lingkungan sekitar penulis serta berdasarkan situasi yang sedang dihadapi penulis sendiri. Sementara, desain karakter dalam animasi film pendek ini mengadaptasi bentuk marionette, dengan bentuk badan yang terpisah-pisah satu sama lain serta pakaian yang telah di-tekstur menyatu dengan badannya, seperti boneka marionette yang biasa dipertunjukkan dalam panggung kecil, sesuai dengan setting environment animasi film pendek ini yang bertema panggung.

Terdapat dua karakter dalam animasi film pendek ini dengan pribadi yang berbeda, yaitu sang mahasiswa yang adalah karakter utama dengan pribadi yang pemalas, terlihat dari persiapan setting panggungnya yang asal-asalan dan wajah yang tidak terurus, rambut acak-acakan, serta posisi berdiri yang agak bungkuk. Selain itu, bentuk wajahnya yang lonjong dan panjang dengan warna hidung yang merah seperti badut bertujuan untuk menekankan kesan bodoh dan pemalas. Sementara untuk dosen penguji, hanya sebagian anggota tubuhnya yang divisualisasikan sehingga dosen penguji digambarkan tanpa wajah. Namun, bentuk wajah persegi dosen penguji menekankan pribadinya yang tegas.

ta3 ta4

Dalam animasi film pendek ini, hanya terdapat satu environment, yaitu interior teater kecil dengan hanya bermodalkan panggung kecil tempat mahasiswa mempresentasikan judul-judulnya, meja dosen penguji, dan beberapa setting panggung seperti papan-papan untuk atribut panggung tertentu seperti cermin besar, pepohonan, perkotaan, bangunan rumah sakit, dan lainnya.

 

ta5 ta6 ta7 ta8

Demikian sekilas proses perancangan animasi film pendek “Tugas Akhir” ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih.

 

Penulis,

Wiedya Dharma