tesla01

 

Tesla, sebuah animasi dokumenter yang menguak penemuan-penemuan seorang inventor yang brilian, namun kurang dikenal oleh dunia, yaitu Nikola Tesla. Dewasaini, teknologi yang kita nikmati, terutama teknologi wireless dan listrik tak terlepas dari jasa Nikola Tesla. Melalui short animation in isaya berharap dapat “men-channel” pemikiran jenius dan penemuan brilian Tesla sehingga menginspirasi penontonnya.

tesla02

Penulis menggunakan kekuatan digital untuk hampir semua development animasi ini, karenabentuk geometris yang lebih mudah diaplikasikan pada media vector dan After Effect.

Dengan menyesuaikan visual style yang memang sedang berjaya pada zaman awal revolusi industri, Tesla menggabungkan style steampunk dan art deco, dan dikemas juga dengan pendekatan modern yang geometris.

Dari pendekatan visual yang telah dikembangkan, semua karakter, objek dan elemen-elemen pada animasi ini juga dibuat inline dengan warna-warna steampunk, namun tetap tersaturasi dengan warna-warna dan shading khas art deco.

tesla03

 

Untuk development konten animasi ini, saya memfokuskan untuk penemuan-penemuan Tesla yang mengubah dunia, karena hal-hal tersebut sangatlah mengagumkan; sehingga secara langsung mengenalkan Nikola Tesla kepada audience, dan memberikan pesan bahwa melalui penemuan-penemuan tersebutlah kita dapat menikmati kebanyakan dari teknologi-teknologi yang kita miliki pada zaman sekarang.

tesla04

Itulah sekilas proses pembuatan short documentary animation “Tesla”. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis,

Kenji Hangmudha.