kitchen

Kitchen Knight adalah film pendek animasi yang berceritakan tentang seorang chef bernama Joe yang sangat menginginkan penghargaan chef nomer satu dunia, kesempatan itu terbuka ketika seorang penguji yang bernama Dolares datang ke tempat restoran tempat Joe bekerja. Tetapi penghargaan tersebut tidak mudah ia dapatkan, karena datanglah pesaing sesama rekan kerja Joe bernama Duccase yang juga menginginkan penghargaan tersebut. Akhirnya mereka berdua bersaing untuk mendapatkan hati penguji Dolares agar memberikan penghargaannya.

kitchen01

Pada film ini penulis memulainya dengan pemilihan konsep cerita serta konsep desain yang akan di terapkan. Khususnya pada desain karakter, penulis ingin membuat suatu konsep karakter yang lucu, menarik dan juga memiliki bentuk yang sesuai dengan sifat karakter masing-masing. Penulis juga menitik beratkan pada ekspresi yang terlihat pada karakter apabila menunjukan emosinya.

kitchen02

Bagian terpenting selanjutnya adalah tahap compositing, pada tahap ini penulis menambahkan suatu kedalaman dan pencahayaan pada elemen karakter maupun environment, penulis ingin agar penonton yang menyaksikan ikut merasakan berada dalam satu ruangan tersebut. Penambahan material rim light juga sangat membantu pada karakter apabila terkena cahaya. Penulis juga menambahakan effect blur pada objek yang jauh dan menambahakan fokus pada objeck yang ingin terlihat. Semua ini dapat terlihat pada gambar di atas bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah dalam proses compositing.

kitchen03

Demikian sekilas pandangan mengenai tahapan-tahapan yang dilakukan penulis pada proses pembuatan film pendek animasi ini, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih.

Penulis,

Doni Irianto

donnyslow@gmail.com