06 Gundam Statue in Odaiba

Sebuah bangsa yang besar, menurut pendapat pribadi saya adalah tidak sekedar mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan tradisional mereka saja, namun juga tetap harus berkreasi untuk menciptakan seni dan desain yang baru. Bangsa yang besar harus memiliki masyarakat yang tetap produktif. Masyarakat yang tetap tak kenal lelah menjaga dan melestarikan budaya masa lampau, namun juga tetap merancang dan berimajinasi untuk menciptakan hal-hal yang baru.

Salah satu great nation ini adalah Jepang. Kita tahu Jepang memiliki seni dan budaya masa lampau yang sangat kaya dan kita masih bisa menikmati-nya dengan berjalan-jalan di setiap kota yang ada di Jepang. Namun yang membuat mereka lebih hebat adalah, bagaimana kata “inovasi” sudah menjadi bagian hidup dari setiap individu disana. Ada ratusan hak paten yang terdaftar setiap tahunnya, ada banyak karya-karya seni yang dipamerkan di setiap galeri, dan ada pula karya-karya animasi yang menjadi salah satu kebanggan masyarakat, yang tercipta setiap harinya.

05 Doraemon Illustration in Cable Car

08 Studio Ghibli Museum

Di setiap sudut kota, cukup mudah untuk menemukan satu karya Manga & Anime yang siap untuk diapresiasi oleh siapapun yang melihatnya. Manga dan Anime tidak saja dimiliki oleh satu kota megapolitan Tokyo. Manga dan Anime dimiliki oleh banyak kota di Jepang, karena para pencipta karya bisa berasal dari kota-kota mana saja di Jepang. Setiap anak-anak Jepang sejak kecil sudah mampu berimajinasi dan ketika mereka beranjak dewasa, mereka memiliki tempat untuk berkarya.

Ada beberapa tempat terkenal untuk menyaksikan bagaimana Manga dan Anime sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Jepang. Mulai dari daerah-daerah yang biasa dikenal sebagai pusatnya Manga dan Anime, atau kota-kota tempat setiap karakter itu berasal, hingga beberapa museum yang memang didedikasikan untuk memajang karya-karya spektakuler tersebut.

Totoro in Ghibli Museum

Semua ini tercipta tentu tidak lepas dari begitu banyaknya creator yang muncul dari setiap kota-kota yang ada di Jepang. Mereka membawa ke-khasan masing-masing untuk menciptakan karakter-karakter yang disukai oleh masyarakat dunia. Sudah ratusan bahkan ribuan animator dan komikus berkarya dengan imajinasi tinggi dan juga komitmen yang tinggi pula untuk meciptakan karya-karya mereka. Beberapa dari mereka seperti yang sudah kita ketahui adalah Osamu Tezuka yang berasal dari Osaka, Hayao Miyazaki dibesarkan di Tokyo, hingga beberapa serial kartun yang pada perkembangannya diciptakan dari suatu tempat menarik seperti serial Evangelion berasal dari Hakone.

Gundam Cafe in Akihabara

Gundam Museum

Setelah melihat kebudayaan baru ini, yang mungkin bisa kita petik pelajarannya adalah bagaimana masyarakat Jepang tidak pernah berhenti berinovasi, apapun bidangnya. Jika kita menggeluti bidang kedokteran, sering kita membaca inovasi baru dalam hal teknologi medis. Dunia otomotif, elektronik hingga fashion juga tak lepas dari inovasi. Jika kita seorang pekerja seni, tentunya jangan pernah berhenti berkarya dan buatlah karya animasi yang mungkin tidak harus spektakuler, tetapi sebuah karya nyata yang bisa dinikmati oleh masyarakat dalam medium apapun baik itu komik, serial televisi atau bahkan layar bioskop.