People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Animasi Pendek “Traffic Nightmare”

s

Animasi pendek ini bertujuan untuk mengikuti kompetisi – kompetisi animasi pendek yang diselengarakan di dalam festival-festival film lokal. Animasi pendek ini menggunakan teknik 2D yang di eksekusi dalam media digital. Animasi pendek ini sendiri menggunakan visual style yang sangat ter-influence oleh animasi pendek yang berjudul “El Empleo” oleh Santiago Bou Grasso, yang dimana dia memakai teknik visual yang seakan-akan terlihat seperti cat air pada background, dan solid color pada karakternya.

sd

Animasi Pendek ini menceritakan tentang seorang karyawan kantor yang telat bangun untuk berangkat ke kantor, oleh karema itu dia langsung terburu-buru ke kantor dengan mobilnya. Saat keluar, ternyata di luar kondisinya macet parah, sehingga dia menggunakan segala cara untuk menerobos kemacetan tersebut yang menimbulkan kecelakaan fatal. Akan tetapi setelah kecelakaan tersebut, dia tidaklah terluka sama sekali, melainkan bangun kembali di tempat kasurnya dengan waktu dan tempat yang sama saat pertama kali dia telat bangun, kejadian tersebut berulang sampai dia menemukan suatu titik dimana dia bisa menerobos kemacetan tersebut, tampa harus menimbulkan kecelakaan fatal yang berujung kembali ke tempat tidurnya.

Untitlev

Dari karakter sendiri, penulis mencoba membuat 4 karakter alternatif , yang berujung pada pemilihan karakter alternatif pertama dengan alasan lebih “masuk” kedalam animasi pendek ini. Seperti yang dijelaskan diatas, dalam karakter ini menggunakan “solid color” yang dimana karakter hanya diwarnai dengan warna dasar, tampa diberikan shadow yang berlebihan. Sedangkan pada background yang menggunakan visual style yang terlihat seperti cat air, dengan custom brush di adobe photoshop.

Untitsa

Demikian beberapa penjelasan singkat tentang animasi pendek ini. Animasi yang bertujuan dalam perlombaan festival animasi pendek ini membutuhkan total waktu yang tidak singkat, dan juga harus dilaksanakan seorang diri, jadi haruslah berpandai-pandai membagi waktu seperti waktu membuat background, karakter,dsb. demi hasil yang terbaik.

Penulis,

Jeffre


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close