People Innovation Excellence

Short Animation “Flying Ceban” by Stefani Hanna

sh1

Flying Ceban adalah sebuah film animasi pendek dengan genre komedi yang bercerita tentang seorang anak SD bernama Johan yang bertemu dengan Surti si pengemis yang hobi menipu orang. Pada awalnya Johan merasa iba dan hendak menyumbang, namun ia merasa ragu untuk berbuat baik dan terjadilah hal yang tidak terduga. Penulis sengaja mengangkat tema komedi karena penulis ingin membuat film komedi yang lucu sekaligus mendidik, tidak seperti film dan acara – acara komedi yang ada di pasar Indonesia sekarang ini yang kebanyakan kurang baik untuk generasi penerus bangsa.

sh2

Dalam film “Flying Ceban” ada 2 karakter utama dan selembar uang sepuluh ribu rupiah yang kemudian menjadi poros dari cerita. Karakter pertama bernama Johan, siswa SD berumur 10 tahun yang enerjik, baik hati namun plin – plan. Karakter kedua bernama Surti, seorang nenek – nenek pengemis yang ternyata hanya merupakan penyamaran dari seorang wanita muda demi mendapatkan simpati dari orang – orang.

Poster Teaser untuk animasi pendek “Flying Ceban” :

sh3

Proses pembuatan film dimulai dari tahap Pre-Produksi yakni tahap untuk pencarian ide, brainstorming, kemudian pembuatan desain karakter dan naskah cerita. Kemudian dilanjutkan dengan tahap Produksi, diawali dengan membuat model 3D karakter dan juga Environment, teksturing, rigging dan dilanjutkan dengan proses animasi serta render. Dan proses terakhir adalah tahap Post-Produksi, yakni tahap compositing, final editing untuk visual dan sound serta tahap final render.

Berikut ini adalah potongan scene dalam animasi pendek “Flying Ceban” :

Demikian sekilas proses pembuatan short animation “Flying Ceban” semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat serta memberikan inspirasi bagi anda. Terimakasih.

Penulis,

Stefani Hanna


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close