People Innovation Excellence

Animasi Edukasi “Hiu Terakhir” Oleh Devina Dwita Sari

h1

Indonesia merupakan negara maritim atau dikenal sebagai negara yang daerah teritorial lautnya lebih luas daripada daerah teritorial daratnya yaitu kepualauan dan 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan dan 1/3 -nya merupakan daerah daratan. Dengan kata lain negara maritim adalah negara yang menyandang predikat Negara Kepulauan. Dengan luasnya laut Indonesia tentu memiliki banyak sekali berbagai kehidupan biota, salah satunya adalah ikan hiu.

Yang sangat disayangkan adalah ikan hiu di perairan Indonesia terancam punah. Padahal sebagai predator teratas, hiu mengontrol populasi hewan laut dalam rantai makanan. Populasi hiu yang sehat dan beragam berperan penting untuk menyeimbangkan ekosistem laut, termasuk menjaga kelimpahan ikan-ikan bernilai ekonomis lainnya yang kita konsumsi.

h3

Bahkan Indonesia dikenal sebagai negara dengan produksi perikanan hiu dan pari terbesar di dunia, dengan kisaran tangkapan di atas 100 ribu ton tiap tahunnya hal ini dikarenakan karena tingginya permintaan sirip hiu. Padahal berdasarkan sifat biologinya, hiu pada umumnya memiliki laju pertumbuhan yang lambat, berumur panjang, lambat dalam mencapai matang seksual dan  memiliki jumlah anakan yang sedikit. Dengan demikian, hiu menjadi sangat rentan terhadap laju kematian karena penangkapan.

Tujuan dari animasi ini adalah untuk mengajak penonton untuk berhenti memburu dan mengkonsumsi sup sirip hiu dikarenakan berbahaya untuk kesehatan, dengan berhenti mengkonsumsi sup sirip hiu jugadapat membantu mengurangi kepunahan hiu di Indonesia dan juga menjaga keseimbangan ekosistem laut dan pasokan pangan kita.

h2

Demikian sedikit pembahasan tentang animasi edukasi “Hiu Terakhir”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bagi pembaca. Terimakasih.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close