tem1

Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang saat ini sudah banyak diminati dan digemari oleh masyarakat di Negara lain. Selain karena rasanya yang lezat, kandungan gizi dan fitokimia (nongizi) dari tempe pun diketahui sangat baik dan merupakan salah satu bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang.

Namun, masyarakat Indonesia di masa kini, terutama generasi muda, lebih banyak mengkonsumsi daging dan produk hewani lain yang memiliki dampak negatif pada keseehatan manusia sebagai faktor resiko terjadinya penyakit-penyakit degeneratif atau kronis, seperti jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, diabetes, obesitas, dan lain-lain. Hal yang lebih tragis adalah, banyak dari mereka yang belum pernah mencoba, bahkan tidak mengetahui bahwa tempe merupakan makanan asli Indonesia, serta fakta dan khasiat tempe untuk kesehatan.

tem2

Ruang lingkup proyek Tugas Akhir yang dibuat hanya akan mencakupi hal- hal yang dapat ditangani melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual berupa perancangan visual video animasi 2D. Video ini berisi penjelasan yang dikomunikasikan secara visual dengan ilustrasi berwarna dansederhana, agar menarik perhatian, mudah diterima dan mudah dipahami oleh orang yang menontonnya. Penulis berharap dengan menonton video ini dapat membuka mata masyarakat Indonesia akan tempe yang merupakan makanan tradisional Indonesia, yang turun-menurun memiliki manfaat untuk kesehatan.

Setelah melakukan proses sketsa yang dibutuhkan untuk aset dan storyboard, Penulis langsung masuk ke proses pewarnaan secara digital. Lalu, aset-aset tadi disusun sesuai aset yang berbentuk vectordisimpan dalam bentuk file .ai sesuai dengan scene nya, aset yang berbentuk ilustrasi disimpan dalam bentuk file .pngdan disesuaikan juga dengan scene nya. File-file tersebut lalu dipindahkan ke after effect untuk dianimasikan.

Film animasi edukasi “TEMPE THE SUPERFOOD” menggunakan warna kuning kecoklatan sebagai warna yang paling dominan, dipadukan dengan warna coklat, hitam, putih serta warna biru. Kelima warna tersebut digunakan secara terus menerus dari awal hingga akhir sehingga menjadi suatu unity.

tem3

Masih banyak fakta-fakta yang belum penulis bahas ataupun belum difahami secara lebih mendalam oleh para ilmuwan yang bisa dipelajari lebih detail mengenai khasiat dan manfaat tempe. Film animasi edukasi ini diharap akan menghadirkan suatu alternatif baru dibandingkan film edukasi yang lainnya baik yang membahas tentang tempe ataupun film yang membahas materi lain.

Visual grafis dengan gaya yang lebih menarik dan agak modern, dilengkapi dengan aset ilustrasi dan vector, penggunaan tipografi yang mendukung penyampaian materi serta penggunaan narasi, backsound dan sound effects adalah elemen penting dalam pembuatan film animasi edukasi. Sehingga, para penonton bisa dengan mudah mencerna informasi sekaligus menikmati visual yang ada di dalam film. Hal ini adalah salah satu daya tarik dari penggunaan motion graphic.