People Innovation Excellence

GRAFFITI, DI TEMBOK IBUKOTA Film Dokumenter oleh Edi Kusbiantoro

grafitiGraffiti, Di Tembok Ibukota adalah sebuah animasi dokumenter yang mendokumentasikan aspirasi serta harapan – harapan dari masyarakat di sekitaran Kota Jakarta mengenai keberadaan Graffiti dan komunitasnya. Mulai dari masyarakat umum, pihak yang berwajib, hingga graffiti artist itu sendiri. Selain itu, animasi dokumenter ini juga memberikan contoh kota di beberapa negara yang sudah dapat mendukung keberadaan Graffiti dan seperti apa contoh penerapannya.

grafiti02

Graffiti, Di Tembok Ibukota adalah karya Tugas Akhir Edi Kusbiantoro yang mendokumentasikan aspirasi dan harapan masyarakat Kota Jakarta mengenai keberadaan Graffiti. Pada artikel ini, membahas tentang proses perancangan visual style dan juga visualisasi talent pada animasi dokumenter ini.

Pada proses pembuatan animasi dokumenter “Graffiti, Di Tembok Ibukota”, saya memulainya dengan menyiapkan konsep cut to cut antar footage yang akan dipakai dan juga elemen – elemen grafis yang sekiranya cocok dengan tema yang sedang diangkat. Pemilihan warna juga menjadi hal yang penting dalam menentukan mood pada animasi dokumenter ini, perpaduan warna yang biasa terdapat pada Graffiti diaplikasikan ke dalam animasi dokumenter ini. Talent yang digunakan dalam animasi dokumenter ini juga dibuat mirip dengan graffiti artist pada umumnya, sehingga antara talent dan visual style pada animasi dokumenter ini terlihat padu. Setelah mendapatkan konsep serta sketsa yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah merubah sketsa tersebut ke dalam versi 2D, berikut hasilnya :

grafiti03

Yang paling saya tonjolkan dalam animasi dokumenter ini adalah visual style-nya, dimana elemen – elemen grafis yang dipakai merupakan unsur – unsur yang biasa terdapat pada graffiti, karena jika elemen – elemen grafis tersebut dikomposisikan dengan baik, dapat memperlihatkan sisi artistik dari graffiti itu sendiri.

Berikut screenshot dari beberapa scene dalam animasi dokumenter ini :

grafiti-03Demikian sekilas proses pembuatan animasi dokumenter “Graffiti, Di Tembok Ibukota” yang saya buat. Semoga bermanfaat serta dapat menjadi inspirasi bagi anda. Terima Kasih.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close