survival-guide

Karya ini dibuat atas kurangnya informasi penting untuk bertahan hidup yang diambil oleh orang-orang yang mendaki gunung. hal tersebut menyebabkan kecelakaan di gunung. (tersesat, hilang, dsb) karya animasi edukasi ini berbentuk infografik yang memudahkan penonton untuk menerima poin-poin penting untuk bertahan hidup di alam.

animasi ini terdiri dari sub-sub judul yaitu, shelter, air, api dan makanan. isi dari sub judul tersebut berisikan poin-poin informasi yang mudah ditangkap oleh para pendaki gunung.

mengapa infografik? karena infografik memberikan informasi yang kongkrit dan tidak bertele-tele. poin-poinnya harus jelas dan seperti namanya, harus bersifat informatif.

survival-guide01

 

animasi ini merupakan motion graphic yang menggunakan konsep desain vektor. pembuatannya asetnya tidak terlalu rumit seperti 3D dan animasinya lebih bervariasi. saya lebih memilih sesuatu terlihat simpel. maka dari itu saya membuat asetnya dengan warna seminim mungkin agar terlihat clean.

animasi motion graphic bisa dibilang cukup mudah bila sudah memahami dasar-dasarnya serta gerakan-gerakan yang akan dibuat. namun tidak juga efisien karena memakan cukup banyak waktu untuk menghasilkan motion yang sempurna. pahami teori dasar animasi maka animasi dalam motion graphic-mu akan terlihat sempurna.

survival-guide02

 

namun perhatikan manajemen waktu, karena terlalu sibuk menyempurnakan motion-mu bisa membuatmu lupa dengan deadline sidang.  cara yang sangat membantu membuat motion graphic infografik adalah dengan membuat keseluruhan aset dan storyboard yang kemudian kita animasikan. jika sudah membuat storyboard. hal tersebut akan mempermudah kita. semoga membantu 🙂