People Innovation Excellence

Short Animation “Coffee Break” by Robby Teguh

coffeebreak

Coffee Break adalah sebuah animasi pendek yang menceritakan pemuda bernama Andi Mandagi seorang pengangguran yang selalu gagal dalam mencari pekerjaan. Suatu hari ia bertemu seorang gadis bernama Mocca Kalosi pemilik kedai kopi tua, saat sedang beristirahat. Mereka bercerita banyak hal dan saling menyukai satu sama lain. Andi yang putus asa mulai menemukan kembali kecintaanya terhadap musik. Namun tiba – tiba Mocca menghilang tanpa sebab yang jelas. Setelah beberapa waktu yang lama akhirnya mereka bertemu kembali oleh boneka kesayangan Mocca yang dulu pernah ia berikan kepada Andi. Akhirnya mereka membangun sebuah kedai kopi dan Andi menghibur penonton dengan permainan musiknya.

coffeebreak01

Dalam pembuatan animasi Coffee Break hal pertama yang saya lakukan adalah menentukan sebuah ide, dan masalah yang akan diangkat. Setelah ide didapat langkah selanjutnya mengumpulkan referensi, data pembanding sebagai bahan untuk mengembangkan sebuah konsep cerita dan karakter – karakter dalam cerita. Dalam membentuk sebuah karakter saya menentukan terlebih dulu sifat dan watak tokoh tersebut, kemudian mencari sebuah referensi bentuk dan figure sebagai pedoman dalam mendesign sebuah karakter. Sebagai contoh, karakter Indro saya mengambil referensi figure Indro warkop yang besar, botak, seram namun lucu. Selain itu memvisualisasikan cerita menjadi sebuah storyboard dan animatik adalah hal yang penting dalam membuat sebuah konsep animasi. Tahap selanjutnya merupakan tahap produksi, pada tahap ini saya mengubah sebuah konsep yang telah disusun menjadi sebuah asset 3D baik karakter, environtment, maupun object properti dalam cerita. Setelah semua asset selesai, hal selanjutnya yang perlu dikerjakan antara lain rigging, animate, lighting dan rendering.

coffeebreak02

Pada tahap post-produksi animasi pendek ini hal yang menjadi kendala dan perlu saya perhatikan adalah saat proses editing dan compositing. Timing antara cut satu dengan cut yang lain harus disesuaikan dengan irama musik untuk membangun suasana dalam film. Selain itu untuk menunjukan timelapse dalam cerita Coffee Break, pemilihan transition effect juga harus tepat untuk merangkum cerita yang panjang menjadi sebuah animasi pendek. Pada tahap compositing yang saya lakukan antara lain memainkan dept of field antara objek satu dengan yang lainnya agar memberikan kesan kedalaman, penyesuaian warna, memberikan efek glow dan bokeh untuk memberikan kesan romantis dsb.

coffeebreak03

Itulah sekilas tahapan – tahapan penting dalam pembuatan animasi pendek Coffee Break. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. pakai software apa??

    • Autodesk 3DS MAX dan software pendukung lainnya

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close