People Innovation Excellence
 

“DOLPH & JASPER”, SHORT ANIMATION BY DANIEL SAPUTRA

Dolph & Jasper adalah sebuah film pendek animasi berdurasi 5 menit yang bercerita tentang perselisihan seekor serigala dan seekor kelinci, dimana sang serigala selalu berambisi menangkap si kelinci, namun kecerobohan justru membuatnya tersiksa oleh ambisinya sendiri. Film ini mengambil konsep kartun klasik Amerika yang bergenre slapstick comedy, dimana memiliki konsep cerita yang sederhana namun memiliki eksploitasi gerak yang berlebihan.


CONCEPT

Penulis mengemas film pendek animasi “Dolph & Jasper” dengan konsep character animation, dimana yang menjadi fokus utama adalah eksploitasi gerak atau animasi karakter utama. Film ini juga diimplantasikan dalam bentuk tiga dimensi namun tetap menggunakan pendekatan kartun dua dimensi. Cerita dan visual yang ringan menjadi prinsip penulis dengan alasan agar tidak menjadi titik berat penonton, karena film ini bertujuan untuk menampilkan eksploitasi gerak karakter.


Terdapat dua karakter yang berperan dalam film pendek animasi ini yaitu Dolph si serigala dan Jasper si kelinci. Keduanya digambarkan dalam bentuk hewan yang 
humanoid, yang berarti menyerupai manusia, berjalan dengan dua kaki dan memiliki dua tangan. Penggunaan tekstur yang sederhana dilakukan untuk menghindari dominasi visual terhadap animasi karakter, karena dalam film ini animasi karakter lah yang menjadi kekuatan utamanya.

Environment yang terdapat dalam film pendek animasi Dolph & Jasper menggambarkan sebuah bukit hijau yang terletak tidak jauh dari kota. Desain yang dibuat menggunakan pendekatan secara kartun yang simpel dan jauh dari kerumitan. Secara teknis, model yang digunakan dalam pembuatan environment ini adalah model medium poly ditambah dengan penggunaan tekstur yang sederhana agar menghindari dominasi latar terhadap animasi karakter.


Penulis menciptakan film ini dengan tujuan menyelesaikan Tugas Akhir dari perkuliahan selama empat tahun di Bina Nusantara University. Namun disamping itu, adalah menjadi cita-cita penulis agar film ini dapat menjadi sebuah langkah kemajuan dalam industri animasi di Indonesia. Walaupun karya ini masih jauh dari kata sempurna, penulis berharap agar para animator di Indonesia dapat mulai menaruh perhatian besar terhadap character animation, tidak hanya menonjol secara konsep, visual maupun cerita. Saran penulis adalah agar para animator Indonesia dapat terus mengembangkan kemampuan character animation yang memiliki pendekatan realis maupun kartun. Kedua, perbanyak referensi film yang memiliki eksploitasi animasi yang baik, dimana bisa didapat di kartun-kartun klasik.

Demikian sekilas proses pembuatan short animation Dolph & Jasper yang penulis buat. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi kepada para animator Indonesia. Terima kasih

Penulis,

CREATOR

Daniel Saputra
Hero Image

Dolph

Dolph si serigala ingin berusaha menangkap Jasper dengan segala cara. digambarkan dalam bentuk hewan yang humanoid, yang berarti menyerupai manusia, berjalan dengan dua kaki dan memiliki dua tangan. Penggunaan tekstur yang sederhana dilakukan untuk menghindari dominasi visual terhadap animasi karakter, karena dalam film ini animasi karakter lah yang menjadi kekuatan utamanya.
Hero Image

Jasper

Jasper si kelinci adalah kelinci yang pintar

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close