People Innovation Excellence

The Making of “Berhijab Beneran Yuk!”

12

“Berhijab Beneran Yuk!” merupakan suatu animasi edukasi mengenai tata cara dan aturan berhijab yang sesuai dengan syariat Islam. Hal ini berawal dari rasa prihatin mengenai wanita muslimah yang sudah memakai hijab, tetapi minim pengetahuan bahwa hal tersebut bukanlah sekedar kain yang membungkus kepala.

Animasi edukasi ini berbentuk dua dimensi (motion graphic), mempunyai durasi waktu 4 menit dengan target audiens wanita muslimah berusia 18-22 tahun yang sudah berhijab.

cc

Dalam konteks animasi edukasi, hal yang terpenting adalah naskah dan visual pendukung.

“Berhijab Beneran Yuk” membahas 4 poin utama hasil observasi penulis mengenai kesalahpahaman berhijab, yaitu: berpakaian ketat, transparan, aurat masih terlihat, dan tabarruj. Penyampaian informasi dalam naskah dilakukan dengan penyesuaian terhadap preferensi target audiens, dan disertakan ayat dari Qur’an maupun Hadits sebagai bukti fakta (bukan mengada-ada). Penting bagi audiens untuk mengerti ‘kenapa saya harus menyaksikan animasi ini’, oleh karena itu dibutuhkan alasan sebagai opening, lalu bridging, barulah penyampaian informasi; setelah itu ditutup dengan rangkuman dan persuasi yang diinginkan penulis.

vvvvver

Visual yang ditampilkan dalam “Berhijab Beneran Yuk!” mempunyai palet warna yang mengandung nuansa kewanitaan beserta warna komplimenternya, yaitu red (pink) – violet – purple. Pergerakan warna dari awal hingga akhir film dengan color script ungu gelap menuju pink muda – putih menggambarkan ketidaktahuan target audiens hingga pada akhirnya mengerti dan kembali suci (fitrah).

Graphic style yang digunakan bersifat minimalis yang merujuk ke bentuk dasar, dengan komposisi simetris dan centered sehingga fokus target audiens langsung menuju ke titik tengah layar dan visual pun lebih mudah untuk teridentifikasi.

bfe

Sekian cuplikan dari proses pembuatan animasi edukasi “Berhijab Beneran Yuk!”, Semoga bermanfaat dan/atau bisa menginspirasi anda. Terimakasih!

Penulis.
Anisa Nabila


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close