People Innovation Excellence

THE MAKING OF “THE BUMP”

m1

Film animasi pendek “The Bump” merupakan film yang menceritakan tentang kesulitan seorang car enthusiast bernama Senno yang memiliki mobil “ceper” berusaha untuk ke rumah kekasihnya.

Film animasi pendek yang berjudul “THE BUMP”  akan dikemas dalam bentuk animasi hybrid dimana elemen 2D dan 3D digabungkan menjadi film animasi pendek yang menarik untuk ditonton. Penulis akan menjelaskan mengenai proses compositing film ini.

m2

Aset-aset yang dibuat merupakan mobil yang digunakan oleh Senno, objek-objek penunjang background serta yang akan dilakukan interaksi antara karakter Senno seperti mouse, keyboard, handphone dan lain-lain. Aset-aset dibuat dengan dua metode yang berbeda, dimana beberapa aset dikerjakan menggunakan media 2D dan aset lainnya menggunakan media 3D sehingga menghasilkan kesan animasi hybrid.

Selain aspek estetik, penggunaan aset 2D juga dapat meringankan beban pengerjaan sebuah animasi, seperti contohnya beberapa shot dibawah ini menggunakan background real life yang telah di rombak sedikit untuk mendukung scene.

m3

Base plate didapatkan dari foto real life kamar penulis yang kemudian dilakukan perubahan kemudian setelah digabungkan dengan rendered animation, posisi dari altered plate disesuaikan dengan perspektif kamera rendered animation.

Begitu pula dengan scene exterior dimana kebanyakan shot dirender secarah terpisah yakni foreground dan background, metode ini digunakan pada shotshot yang statis atau tidak memiliki pergerakan kamera. Ini dapat diakali dengan memberikan efek ­camera shake atau pergerakan kamera 2D dengan menggunakan software video editor.

Untuk mendapatkan kesan realis, disarankan untuk mengumpulkan reference image dunia nyata untuk melihat bagaimana pencahayaan dan material bekerja pada dunia nyata. Sangat penting pula untuk memberikan efek ketidaksempurnaan sebuah kamera, dengan menambahkan bloom, lens distortion atau chromatic abberation. Saran penulis untuk melakukan color grading pada animasi semi-realis yakni proses grading jangan sampai merubah drastis warna asli kulit manusia, serta objek-objek natural lainnya. Namun ini hanyalah saran dan tidak berlaku bagi kamu yang menginginkan look surealistis.
m4

Demikian penjelasan singkat mengenai proses compositing film animasi pendek “THE BUMP”, semoga artikel ini dapat berguna bagi pembaca. Terimakasih.

Penulis.
Muhammad Aria


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close