People Innovation Excellence

Animasi Pendek “A Simple Dream of Happiness”

rr

Banyak orang yang menyadari bahwa seorang orang tua yang baik selalu mengharapkan yang terbaik untuk anaknya. Namun walaupun dengan informasi ini, masih banyak orang yang lalai untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan harapan orang tuanya. Film Animasi pendek “A Simple Dream of Happiness” bercerita tentang harapan seorang ibu untuk keluarganya untuk dapat tetap berbahagia walau tanpanya, untuk mengingatkan akan kasih dan harapan yang orang tua miliki untuk anak-anaknya.

Melalui film animasi pendek ini, penulis bertujuan mengingatkan masyarakat bahwa orang tua meletakkan harapan yang besar untuk kebahagiaan anak dan keluarga mereka. Mereka bahkan tak memikirkan diri mereka sendiri sekalipun mereka berada di ambang kematian. Kebanyakan anak menyadari bahwa orang tua mengharapkan yang terbaik untuk mereka walaupun begitu, anak-anak masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah dalam mewujudkan harapan orang tua mereka. Itulah mengapa penulis berharap, dengan menonton animasi pendek ini, anak-anak dapat menyadari harapan orang tua mereka akan kebahagiaan dan kesuksesan mereka sehingga mereka tidak menyesal di kemudian hari.

Elemen utama dari sebuah cerita antara lain karakter, goal, dan konflik. Karakter dari “A Simple Dream of Happiness” berkisah dari sudut pandang istri. Goal dari istri adalah untuk memiliki keluarga yang berbahagia dan melihat anaknya tumbuh menjadi dewasa. Konflik dari karakter istri adalah konflik dengan diri sendiri yang tidak dapat mengabulkan impian tersebut karena dia gagal bertahan hidup dalam menjalani proses persalinan.

Terdapat tiga orang karakter dalam film animasi pendek ini. Karakter istri, seorang wanita yang sedang berada dalam tengah proses melahirkan, membayangkan apa yang akan terjadi setelah anaknya lahir. Karakter istri digambarkan sebagai karakter keibuan yang mencintai keluarganya. Karakter ayah, seorang suami yang mengkhawatirkan akan proses melahirkan istrinya. Sebagai seorang ayah, dia senang bermain dengan anaknya, menyayanginya dan mengkhawatirkan masa depan anaknya. Karakter anak yang baru dilahirkan oleh Istri, perlahan bertumbuh besar sehingga dewasa. Seorang anak perempuan yang periang, baik dan mencintai keluarganya.

qwfwq2eqerww2

Penulis melakukan development, pre-produksi, produksi, dan post-produksi. Tahap pre-produksi adalah tahap dimana konsep dan alur cerita direncakanan. Dalam tahap ini, penulis melakukan riset dan observasi tentang hal yang berhubungan dengan tema dan topik yang telah dipilih. Setelah konsep ditentukan, penulis membuat premise atau intisari dari cerita, dilanjutkan dengan pembuatan treatment atau peradeganan. Penulis kemudian membuat konsep dan desain karakter, serta environment. Pembuatan storyboard berupa thumbnail peradeganan tiap adegan yang dilakukan untuk mendapatkan sinematografi yang diinginkan. Setelah itu storyboard disesuaikan dengan suara dan timing yang menjadi sebuah animatic. Tahapan dalam proses produksi antara lain ilustrasi, composition, dan animating. Dalam tahap ilustrasi menggambar setiap karakter dan environment yang nantinya akan dianimasikan. Dalam tahap composition, menyusun ilustrasi-ilustrasi karakter dan latar belakang yang telah dibuat sesuai dengan komposisi yang diinginkan. Dalam tahap animating, menggerakkan ilustrasi dan kamera untuk menimbulkan kesan pergerakan ruang 3D pada ilustrasi 2D. Dalam post-produksi, memulai proses memperindah tampilan visual akhir dengan mengcompose seluruh adegan, mengedit warna, effect, color grading, menambahkan sound effects dan background music. Proses terakhir adalah final render untuk menjadikan sebuah film utuh.

rqwrrwqwr2r2qrwqwr

Penutup

Banyak orang yang menyadari bagaimana orang tua yang baik selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, namun terkadang masih belum berusaha lebih untuk mewujudkan harapan orang tua mereka. Film pendek ini bertujuan untuk menyadarkan dan mengingatkan akan kasih orang tua terhadap anak-anaknya. Film pendek animasi yang dibuat dalam waktu yang singkat ini masih memiliki banyak kekurangan, namun penulis mencoba menutupinya dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki penulis. Disiplin menjadi hal yang penting untuk menyelesaikan karya ini tepat pada waktunya. Kendala yang dialami dapat diselesaikan dengan banyaknya research dan bantuan dari teman-teman. Semoga laporan dan film pendek “A Simple Dream of Happiness” yang dihasilkan dapat menginspirasi penontonnya.

Penulis.

Feliciani Yaputri


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close