People Innovation Excellence

The Making of TONI & NAMI

tn1

TONI & NAMI adalah sebuah film animasi edukasi dua dimensi yang membahas antisipasi bencana gempa bumi dan mengenal ciri-ciri tsunami. Animasi edukasi ini mengajarkan antisipasi terhadap anak remaja yang sekaligus menghibur agar tidak bosan, selain itu mengingatkan akan kondisi geografi Indonesia yang berpotensi mendatangkan bencana gempa dan tsunami yang besar. “TONI & NAMI” menceritakan dua anak remaja yang hidup dikawasan rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Toni dan Nami merupakan dua remaja yang tidak belajar antisipasi bencana tersebut. Maka, akan ada sosok dewasa sebuah robot rumah tangga yang dirancang untuk mengajari Toni dan Nami menghadapi bencana. Disini saya ingin membahas seputar konsep desain karakter dan environment dalam film. Pada gambar dibawah ini, adalah  proses dalam mendesain, apa yang saya hendak ingin masukkan dalam cerita pada waktu itu. Karena saya ingin audien merasa dekat dengan karakter yang saya buat, maka saya buat karakter merupai anak remaja zaman sekarang. Gaya yang saya gunakan flat design¸ sederhana tidak banyak memanfaatkan detail berlebih

tn2

Hasil akhir desain terlihat seperti gambar bawah, bentuk dasar sederhana untuk mahluk hidup menggunakan bidang dasar bulat-bulat karena lebih terlihat memiliki perasaan. Robot terdiri dari bidang dasar persegi panjang dengan sedikit lengkung pada tubuhnya, karena saya ingin menunjukan meski robot ini kaku tapi masi gerak gemulai, dan ramah. Pemakaian warna pada karakter seperti warna biru pada Toni, menunjukan dirinya yang pendiam, tidak gesit, suka menghabiskan waktu di rumah. Nami dengan warna merah muda terang, menunjukan anak yang feminim, periang, gesit, dan penyayang. Robot berwarna abu-abu menunjukan formal, profesional, tegas, dan kaku. Hijau pada anjing Nami untuk menunjukan alam, sebab anjing berperan dalam menunjukan ciri-ciri tsunami.

tn3

Gambar bawah ini merupakan properties yang tampak pada environment bagaimana suasana sebelum gempa, saat gempa dan ciri-ciri tsunami. Pewarnaan masih memakai color palette karakter dengan menambahkan  atau mengurangkan pada brightness atau saturate.Hasil akhir seperti contoh di bawah, properties disusun sedemikian untuk membantu karakter lebih menonjol

tn4

tn5

Demikian sekilas pembahasan proses konsep desain karakter dan environment  dalam film animasi edukasi “TONI & NAMI”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

Penulis.
Veronica Nugraha


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close