People Innovation Excellence

The Making of “Gangguan Bipolar”

m1111

Gangguan Bipolar: Deteksi Dini dan Cara Mengatasinya adalah sebuah animasi edukasi yang membahas tentang seluk beluk penyakit gangguan jiwa Bipolar. Kenyataan bahwa pemerintah memiliki keresahan terhadap penyakit ini serta masih sangat minimnya pemahaman para anak usia remaja dan dewasa muda tentang Bipolar mendorong penulis untuk membuat animasi edukasi yang bertujuan untuk membuka wawasan tentang apa itu Bipolar dan menyadarkan anak bahwa penyakit Bipolar berbahaya dan bisa menyerang siapa saja, khususnya masyarakat usia produktif. Animasi Edukasi “Gangguan Bipolar” ini ditargetkan untuk anak remaja dan dewasa muda produktif.

m111

Penulis terinspirasi dari kenyataan bahwa penyakit Bipolar adalah sesuatu yang sangat berbahaya. Sayangnya, penyakit ini sangat kurang diperhatikan dan seringkali tidak disadari oleh si penderita atau orang sekitarnya. Rendahnya kesadaran orang tua dan anak mengenai penyakit ini membuat penulis sadar bahwa topik ini harus diangkat agar para penderita Bipolar bisa hidup layak dengan pengobatan yang tepat.

Dalam animasi ini, penulis membuat karakter “Anak” dengan bentuk basic shape persegi yang dimodifikasi. Inspirasi ini didapatkan dari sifat penderita Bipolar sangat identik dengan penyudutan sifat yang tajam pada salah satu kutub, yaitu mania dan depresi. Bentuk persegi sendiri memiliki makna kekuatan dan teguh. Karakter memakaii atribut seragam SMP sebab menurut data dinyatakan bahwa anak-anak usia 15 tahun rentan terkena Bipolar. Bapak dan Ibu di sini hanyalah figuran.

Inspirasi karakter Mania datang dari dengan sifat yang serba berlebihan, sedangkan karakter Depresi memiliki sifat serba kekurangan. Dari sifat dasar tersebut, maka penulis memberikan bentuk lancip pada kepala setiap karakter karena bentuk sudut lancip berangkat dari bentuk dasar segitiga yang melambangkan karakter agresif dan antagonis. Pemilihan warna biru untuk Depresi karena memiliki makna kekelaman dan warna merah untuk Mania karena memiliki makna kekuatan dan energik.

m11

Dalam karya animasi edukasi ini akan dijelaskan apa itu Bipolar, apa saja gejalanya, dan cara mengatasinya kepada masyarakat dengan teknik 2D motion graphic dengan penggunaan bahasa umum yang mudah dipahami agar pesan dan informasi dapat disampaikan dengan baik.

Informasi yang terdapat dalam animasi ini sebelumnya telah diintisarikan menjadi pokok pemahaman yang lebih ringan untuk dikonsumsi dengan dukungan suara audio dan narator yang tepat. Selain itu, penggunaan teknik motion graphic dipilih agar film edukasi ini agar dapat menghibur dan tidak membosankan.

m1

Dari seluruh proses yang telah penulis jalani, penulis berharap semoga animasi edukasi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap penyakit ini dan dapat mencegah Bipolar sedini mungkin. Meskipun karya ini ada kekurangan, penulis senang dengan hasil animasi yang telah dibuat karena karya dapat digunakan untuk kebaikan. Semoga hasil karya ini juga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain. Akhir kata, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, orang tua, saudara, terutama teman seperjuangan yang telah mendukung penulis dalam pengerjaan karya ini. Sekian dan terima kasih.

Penulis.
Lavinia Callista


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close