People Innovation Excellence

DARI KERTAS MENJADI BUKU

m121

Dari Kertas Menjadi Buku adalah sebuah film animasi edukasi yang bercerita tentang bagaimana proses pembuatan buku. Dimulai dari setelah proses layout selesai kemudian menuju proses mounting dan penjelasan singkat apa itu mounting? Lalu bagaimana proses pemindahan file di komputer menjadi plat cetak yang merupakan media cetak. Ada beberapa jenis buku dan setiap jenis memiliki cara pembuatan yang berbeda. Pengenalan mesin untuk pembuatan buku dan bagaimana prosesnya.

m122

Ceritanya sendiri berdasarkan pengalaman saya selama bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pecetakan, dimana sedikit dari para klien/calon klien yang tahu alur dari proses pencetakan terutama buku. Dimana proses cetak pada percetakan offset jauh berbeda dengan proses cetak sebuah print house atau bahkan dengan percetakan lainnya karena perbedaan alat dan sistem yang diterapkan masing-masing perusahaan.

Gaya dari film ini sendiri mengguanakan style flat design, dimana saat ini gaya ini sangat diminati bukan hanya terbatas pada design tidak bergerak tapi juga sudah mulai banyak digunakan pada film terutama dengan tema edukasi.

m123

Bentuk dari setiap mesin tetap mempertahankan tingkat kemiripannya, tetapi tetap dibuat sesederahana mungkin sesuai dengan gaya yang dipakai. Sedangkan warna tetap mengacu pada warna asli dengan shadow lembut khas flat design. Untuk font sendiri tetap menggunakan font yang sama dengan judul yaitu BEBAS.

Untuk membuat film animasi menggunakan gaya flat design cukup menarik. Dimana untuk beberapa aset bisa kita pakai berkali-kali. Sedangkan waktu pengerjaan yang lama adalah ketika pembuatan/pengumpulan aset visual. Sedangkan cerita, menurut saya sangat banyak dari lingkungan sekitar yang dapat kita jadikan inspirasi, tinggal bagaimana caranya kita membuatnya semenarik mungkin. Saya harap artikel ini bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi pada pembaca.

Penulis.
Yulius Fernando Salim


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close