People Innovation Excellence

Behind The Scene: “Rumah Di Atas Bukit”

c1

Dalam perancangan animasi pendek ini, tehnik video/projection mapping digunakan untuk memberikan real life experience kepada penonton yang merupakan penyajian secara langsung sebuah film animasi dengan set atau bias dibilang teater kecil. Bercerita tentang kehidupan Ayah-Anak di sebuah rumah yang berada didataran tinggi.

c11

Projection Mapping atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Video Mapping merupakan tehnik untuk memproyeksikan gambar dengan cara memetakannya pada bidang-bidang yang tidak datar. Dalam perancangan animasi pendek ini penulis menembak proyeksi yang berupa animasi dari belakang sehingga menghidupkan sebuah set rumah yang telah dibuat. Set rumah dan sekitarnya dibuat dari kertas dan animasi yang ditembakan dari belakang set bertujuan untuk memberikan gaya visual berupa siluet, yang maka dari itu dibutuhkanlah ruang dengan cahaya minim dalam penyajian animasi pendek ini

c111

Dalam pembuatannya penulis melalui beberapa proses yang berupa, pertama membuat set rumah dan sekitarnya dari kertas, lalu menuju tahap yaitu mapping alignment yang merupakan mencocokan jarak dan tinggi sinar proyektor yang ditembakan ke set yang nantinya terbentuklah sebuah workspace sebagai bidang kerja untuk pembuatan animasinya. Yang terakhir merupakan Video Mapping itu sendiri, setelah semua aset animasi selesai, ditembakanlah denga proyektor dan sebuah film animasi pendek ini sudah bias disajikan secara langsung.

c1111

Begitulah dibalik pembuatan film animasi pendek “Rumah Di Atas Bukit”, semoga bermanfaat dan dapat tersampaikan pada pembaca.

Penulis,

Ferdy Ocky Fadilla


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close