22222

Teman jalan merupakan sebuah serial animasi dengan tema traveling yang mengusung genre adventure-komedi. Pemilihan tema ini dikarenakan kegiatan traveling yang saat ini sedang marak dan sudah menjadi life style, khususnya bagi kalangan muda yang tinggal di kota besar Indonesia. Konsep dasar dari perancangan serial animasi ini adalah memperkenalkan serta menjadikan budaya Indonesia sebagai latar belakang pembuatan cerita dan visual. Karakter utama pada serial animasi ini adalah 2 orang sahabat yang bernama Mia dan Miko.

2222

Desain dan karakteristik kedua tokoh ini disesuaikan dengan watak dan karakter masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai macam ras dan suku bangsa. Kedua karakter ini memiliki impian masing-masing. Mia memiliki impian untuk menjadi seorang fotografer majalah terkenal bernama Cultgeo. Sementara Miko memiliki ketertarikan dalam bidang kuliner dan ingin menjadi seorang travel blogger terkenal yang dapat menginspirasi banyak orang. Selain itu, mereka memiliki watak dan karakter yang bertolak belakang sehingga seringkali menimbulkan masalah dalam perjalanan.

222

22

Perancangan desain karakter kedua tokoh ini disesuaikan dengan tampilan seorang traveler pada dunia nyata dan juga mempertimbangkan apakah rancangan tersebut dapat dimaksimalkan menggunakan software yang ada. Pada proses pembuatan karakter tentu terjadi beberapa kali revisi dari sketsa awal hingga bentuk akhir 3d yang bertujuan untuk memaksimalkan dan menyesuaikan tampilan karakter dengan mempertimbangkan kedua hal yang sudah disebutkan di atas.

2

Demikian penjelasan singkat mengenai perancangan karakter untuk serial animasi “Teman Jalan”. Semoga dapat berguna dan menginspirasi rekan-rekan sekalian.

Penulis.

Karen