People Innovation Excellence

THE MAKING OF GYM TIME

GYM TIME merupakan film animasi pendek yang menceritakan mengenai seseorang yang salah memahami orang lain dan juga memiliki sifat yang penakut. Animasi pendek ini menargetkan pasar anak-anak yang berusia 11 tahun keatas, yang memberikan pesan moral untuk tidak menilai orang lain dari luarnya ataupun penampilannya saja.

 

GYM01
Animasi pendek ini berkisah mengenai seorang laki-laki kurus yang sering di-bully, akhirnya ia bertekad untuk pergi latihan angkat beban agar tubuh dia menjadi kuat. Sesampainya ditempat latihan dia bertemu dengan orang yang berbadan besar dengan wajah yang menakutkan, dan juga si preman yang sering memukuli laki-laki kurus ini. Hingga akhirnya laki-laki kurus ini melihat mereka berdua dan akhirnya dia pun lari ketakutan dan mencari tempat bersembunyi. Namun ternyata pada akhirnya orang berbadan besar itu hanya ingin membantunya.
Berikut ini visualisasi toko/karakter yang ada pada animasi pendek “GYM TIME”
GYM02
Dalam film animasi pendek ini terdapat tiga karakter yang mempunyai sifat yang berbeda sehingga penggambaran untuk setiap karakter juga dapat tercipta melalui sifat mereka. Penulis juga membuat karakter dengan proporsi tubuh yang tidak menyerupai proporsi tubuh manusia, karena target penulis adalah membuat film dengan gaya kartun. Karakter utama bernama Dito yang memiliki tubuh kurus dengan sifat penakut yang digambarkan dengan tubuh yang kurus dan panjang, kaki tangannya yang kurus juga, dengan bentuk proporsi tubuh berbentuk persegi panjang. Bentuk kepala dengan dagu yang sedikit panjang dan runcing, sehingga menggambarkan karakter kurus ini terlihat lemah.

GYM03

GYM04
Pada pembuatan karakter preman yang dinamakan Marko, penulis membuat bentuk tubuhnya menyerupai segitiga terbalik dan sedikit lebar, dengan ukuran kaki yang kecil sehingga tidak mengikuti bentuk proposional tubuh manusia, mempunyai tinggi yang hampir mirip dengan orang bertubuh besar, dan menambahkan tatto dibagian tangan untuk menimbulkan kesan premannya.

GYM06

GYM07
Untuk pembuatan karakter berutubuh besar yang bernama Geri ini yang memiliki sifat serius digambarkan bentuk tubuhnya menyerupai karakter preman yaitu segitiga terbalik juga, dengan bagian atas tubuhnya yang lebar dan bagian pinggangnya yang sedikit kecil. Pada bagian tangan dibuat sedikit besar, bentuk kakinya yang kecil menyerupai karakter preman, dan bentuk kepala digambarkan dengan bagian dagunya yang berbentuk persegi kotak, sehingga menciptakan kesan gagah dan berani.

GYM08GYM09
Dalam pembuatan animasi pendek ini penulis menggunakan dua mood warna yaitu warna yang dingin seperti biru pada scene indoor dan warna yang hangat yaitu kuning bercampur jingga pada scene outdoor. Pada film animasi pendek ini juga penulis lebih menekankan pada aspek visualnya yaitu tampilan atau look, dengan menambahkan efek diffuse agar memperhalus dan membawa kesan yang soft pada film animasi pendek ini dan dapat memperkuat gaya kartunisnya. Berikut ini potongan-potongan scene yang ada pada animasi pendek GYM TIME.

GYM10 GYM05
Demikian sekilas proses pembuatan film animasi pendek GYM TIME yang saya buat, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda semua. Terima Kasih.

Penulis.
Billy Paulinus Ngantung


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close