People Innovation Excellence

ANIMATION DAY DI AJANG FRESH N BRITE 2014 – SCHOOL OF DESIGN BINUS UNIVERSITY

Animation Day di Kuningan City

Kamis, tanggal 11 Desember 2014 kemarin, Mal Kuningan City di Jl. Satrio Kav 18 Jakarta penuh oleh ratusan mahasiswa dan penggemar animasi. Di Mal itu sedang berlangsung acara animation day, yang merupakan rangkaian acara Fresh n Brite 2014. Acara tersebut menampilkan pameran desain dan berbagai talkshow tentang animasi dan character design.  Selain itu juga ada lomba Digital Drawing Competition.

Fresh n Brite 2014  sendiri merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh School of Design (SoD) BINUS University Jakarta. Acara ini akan berlangsung dari Rabu 10 Desember hingga Minggu 14 Desember 2014, dari pagi jam 10 hingga malam. Selain pameran karya terbaik mahasiswa, juga seminar dan workshop gratis dari Kamis hingga Minggu secara gratis. FnB ini merupakan pameran besar tentang desain dan animasi yang rutin digelar menjelang akhir tahun. Dalam rentang kesekian kalinya ini, harus diakui ini sebagai sebuah acara desain yang terkenal di ranah pen­didikan desain di Indonesia. Saat ini School of Design Binus University memiliki 5 program pendidikan andalan, yaitu; Animation, Creative Advertising, DKV New Media, Interior De­sign dan Furniture Design. Adapun pemilihan nama “Fresh N Brite” sebagai nama kegiatan sekaligus sebagai penanda konsep dan konten kegiatannya. Fresh N Brite menggambarkan lulusan terbaru dan terbaik, fresh, cemerlang, enerjik, dan potensial dalam kualitas.

 

Talkshow Animation day

Selain pameran karya terbaik Animasi Binus, juga ada berbagai Talkshow yang menarik di tanggal 11 Desember tersebut.

 

Acara dimulai dari jam 10.30 dengan pembicara dari BAS, yaitu Veronica Wijayanti, tentang 3D digital Fashion & Asset. Antusias mahasiswa yang penasarn dengan trik dan kecanggihan aplikasi software yang mempermudah merancang “fashion” dalam 3d modeling.

 

contoh2

1

2

Sesi kedua diisi oleh Faza “Meong”. Kreator Komik Si Juki ini membeberkan seluk beluk dunia IP dan merancang karakter yang bernafaskan lokalitas. Tema utamanya adalah Design Character with Local Content.

3

4

Acara yang ditunggu lainnya adalah “Go Digital Drawing – technique & application”, dengan pembicara Arya Pradana. Kecanggihan tablet Ipad untuk menggambar di-demo-kan disini.

5

Acara yang ditunggu-tunggu adalah Lomba Digital Drawing. Puluhan peserta beradu kehebatan menggambar memakai Ipad. Hadiah Jutaan rupiah langsung diumumkan dsetelah acara selesai.

6

7

8

Menjelang sore, muncul Chris Lie dengan membawakan Talkshow bertema “Building Relationship with Foreign Client”. Pengalaman Chris Lie dengan Caravan Studio-nya yang menangani beragam klien dari negara lain menarik disimak bagi mahasiswa dan awam.

9

10

Siapa tak kenal kartun Mice atau sebelumnya Benny & Mice. Karakter kartun yang fenomenal dan penuh kelucuan dalam komiknya. Ya, Mice Misrad sang kreator berbagi inspirasinya dalam “Inspirational Character with Mice”.

11

Acara ini dukung  penuh oleh pihak Mal Kuningan City. Adapun tujuan acara ini selain sebagai wadah kreatifitas mahsiswa, sekaligus sebagai jembatan mengenalkan mereka ke dunia industri.

 

Pengunjung FnB

Sebuah kegiatan yang menarik dan bermanfaat akan menjadi magnet bagi para audiensnya. keberhasilan sebuah kegiatan ditengarai oleh besarnya antusias audiens menghadiri dan interaksi yang terjadi di dalamnya. Dari beberapa kali penyelenggaraan, terutama di tempat komersial seperti mal, jumlah audiens men­jadi tolok ukur. Rata-rata jumlah pengunjung pada FnB sebelumnya berkisar antara 800-1000 pengunjung per hari.

Adapun pengunjung dari FnB 2014 terdiri dari:

  • Praktisi dan pelaku industry kreatif (Creative boutique/ studio, advertising, design agency, publishing house & animasi, TV/ Broadcast, dll)
  • Asosiasi dan komunitas industri kreatif (ADGI,
  • FDGI, PPI, KREAVI, AINAKI, HDII, HDMI, dll)
  • Akademia penyelenggara pendidikan desain/ komunikasi/ kreatif.
  • Binusian (pengajar dan mahasiswa aktif School of Design Binus) beserta alumni.
  • Pihak sponsor dan pendukung acara.
  • Masyarakat umum peminat bidang kreatif dan pengunjung mal tempat penyelenggaraan acara.

 

Fresh n Brite 2014 berskala ASEAN

Pada masa awal inisiasinya, Fresh n Brite menjadi ajang para lulusan terbaik memamer­kan karya-karya tugas akhirnya pada masyarakat luas dan para pihak terkait yang berkepent­ingan (industri). FnB menjadi sebuah fase transisi dari lingkup pendidikan menuju kehidupan bermasyarakat dimana nantinya para desainer itu berperan nyata. Acara ini terbuka untuk bisa di­hadiri oleh masyarakat umum.

FnB 2014 ini difokuskan pada peran dan potensi Indonesia sebagai warga global ASEAN yang menghadapi CAFTA (China ASEAN Free Trade Area) 2015 tahun depan. Sejalan dengan visi Universitas BINUS untuk menjadi sebuah World Class Institution, Schol of Design (SoD) menjadi bagian dari visi menjadi warga global ini.

FnB 2014 ini akan memilki caku­pan ASEAN, dan berskala inter­nasional. Ini akan diimplementasikan melalui konten yang ada didalam FnB in sendiri, pembicara, topik seminar, workshop, dan lain-lain. ASEAN adalah salah satu area wilayah yang memilki potensi sangat besar dimasa depan. ***

12

 

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close