People Innovation Excellence

Serial Animation Trailer “Pedhet dan Gudhel” By Bimo Satrio Mukti

121

Serial animasi Pedhet dan Gudel adalah sebuah serial animasi dengan genre komedi, pendekatan visual dengan menggunakan setting render mendekati realistik, namun kedua karakter utama dalamnya yang imajinatif.

Mengisahkan tentang 2 ekor  hewan ternak yang berteman namun selalu berseteru tiap kali ada bertemu, dan selalu  saja ada masalah. Mereka berdua tinggal di sebuah ladang terbengkalai seorang petani yang bahkan untuk mencari rumput segar saja sulit, membuat mereka kadang harus bersaing untuk mencari makan.

Desain Poster saya buat sesimpel mungkin namun sudah menjelaskan keseluruhan dari serial ini. Dengan Pendekatan gesture dan ekspresi dari kedua karakter, envi dibelakang mereka dan font yang saya gunakan juga untuk langsung menjelaskan kepada penonton inti dari serial animasi ini.

Berikut adalah karakter-karakter dalam serial animasi “Pedhet dan Gudel”,

Karakter yang langsung diambil referensi dari 2 hewan ternak yang sangat familiar di Indonesia yaitu sapi dan kerbau. Dengan pendekatan visual karakter yang unyu atau chibbi agar terlihat lucu dan disukai oleh target segmen saya yaitu anak-anak.  Terlihat dari basic shape mereka yang bulat-bulat dan gemuk. Dengan tujuan selain mereka menyukai film ini dalam tiap episodenya, mereka juga ingin memiliki merchendise dari serial ini. Untuk makin membuat karakter ini hidup maka  dibuat berdiri atau memiliki postur tubuh seperti manusia, untuk menambah kesan anaphormopic atau kemanusia-menusiaan

Pedhet diambil dari bahasa sansekerta yang berarti anak sapi, memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat menyerupai sapi agar penonton mudah mengenali karakter pedhet ini. Pedhet memiliki sifat lugu, ramah dan periang. Dia adalah sosok protagonis dalam serial ini.

Gudel diambil dari bahasa sansekerta yang berarti anak kerbau, memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat menyerupai kerbau agar penonton mudah mengenali karakter pedhet ini. Gudel memiliki sifat angkuh, pemalas dan jahil. Dia merupakan tokoh antagonis dalam serial animasi ini.

nhj

Perbandingan Karakter

Kedua karakter memiliki tinggi badan yang sama. Karena memang selain didunia nyata pun mereka memiliki bentuk fisik yang mirip. Saya juga ingin menunjukkan bahwa sesungguhnya mereka adalah masih saudara yang memiliki kemiripan tertentu. Bentuk badan mereka juga mirip. dengan tujuan untuk memudahkan pembuatan merchendise dengan tidak harus membuat banyak dummy, bisa dengan satu badan untuk 2 karakter ini. Selain itu juga untuk membuat sebuah ciri khas tersendiri dimana ketika orang lihat salah satu dari mereka maka sudah tau bahwa ini adalah serial Pedhet dan Gudel.

Environment dalam serial animasi ini sangat sederhana, untuk mengurangi kesan terlalu bertele-tele yang malah bisa membingungkan anak-anak saat menontonnya. Sebuah ladang yang terdapat sebuah bangunan untuk lumbung padi dan sebuah kandang untuk tempat mereka tinggal. Hanya itu saja saya rasa cukup untuk menciptakan sebuah kesan bahwa biar bagaimanapun juga mereka harus tetap bertemu satu sama lain untuk kemudian memunculkan konflik.

142

144Environment

Dengan pendekatan visual real, maka saya membuat tanaman dengan tekstur nya yang sangat menyerupai tanaman aslinya. Tanaman yang terdapat didalam environment serial ini adalah tanaman yang biasa kita jumpai dalam iklim tropis, dimana Indonesia adalah berada dalam iklim tropis yang akan membuat penonton mudah mengenai suasana didalam serial ini. Dengan begitu penonton akan makin merasa dekat dengan serial ini.

Berikut ini beberapa screenshot dari trailer serial animasi “Pedhet dan Gudel”.

153

Trailer Screenshot

Sekian proses perancangan serial animasi “Pedhet dan Gudel”. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Salam,

Bimo Satrio Mukti


Published at :
Leave Your Footprint
  1. kereenn sangat orisinal sekali ide nya… jempol banget utk bimo satrio mukti

  2. selamat sore mas bimo, saya mau tanya kontaknya mas bimo kira no tlp atau email bisa mas?

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close