r1

Membicarakan tentang polusi memang tidak akan pernah ada habisnya. Tapi jika suatu saat ditanya “Apa itu polusi ?”, apakah kamu hanya akan menjawab asap, sampah, dan air saja ? Masih banyak polusi yang tidak kita sadari ada disekitar selain yang disebutkan diatas tadi dan kita sengaja dan tidak disengaja, kita lakukan setiap hari. Dari sanalah muncul ide pembuatan animasi edukasi “Mencari Polusi” ini. Mengajak orang-orang untuk mencari tahu apa sebenarnya polusi itu.

Dalam animasi edukasi “Mencari Polusi” ini sendiri, memberikan informasi singkat tentang jenis-jenis polusi, sumber hingga dampaknya yang ada disekitar kita. Mulai dari polusi yang sudah sangat umum, hingga yang belum diketahui masyarakat banyak. Berikut dibawah ini adalah visual aset dari animasi edukasi “Mencari Polusi”.

r2

Dalam animasi edukasi ini, diperlihatkan beberapa scene sosok seorang narator. Berkepala kotak menyerupai kardus yang diartikan sebagai bahan daur ulang. Terdapat juga tongkat dibawah sang karakter, dimana karakter tersebut digerakkan sama seperti halnya pada wayang. Disini menjelaskan bahwa narator/aktor yang sebenarnya bukan yang penonton lihat, tetapi yang ada dibalik layar. Objek visual dibuat sesederhana mungkin agar terlihat lebih ikonik, karena visual ikonik lebih gampang ditangkap oleh mata penonton.

Warna yang digunakan didalam animasi edukasi ini secara dominan menggunakan warna cerah dengan warna latar sedikit gelap. Dimaksudkan agar visual terlihat secara jelas oleh sekaligus menarik mata penonton.

Berikut beberapa scene dari animasi edukasi “Mencari Polusi”.

r3

Demikiansekilas proses pembuatan animasi edukasi “Mencari Polusi” yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat serta menginspirasi Anda. Terima kasih.

Penulis,

Rifqi Dharna Pangestu