People Innovation Excellence

Animasi Edukasi “Mencari Polusi” oleh Rifqi Dharna Pangestu

r1

Membicarakan tentang polusi memang tidak akan pernah ada habisnya. Tapi jika suatu saat ditanya “Apa itu polusi ?”, apakah kamu hanya akan menjawab asap, sampah, dan air saja ? Masih banyak polusi yang tidak kita sadari ada disekitar selain yang disebutkan diatas tadi dan kita sengaja dan tidak disengaja, kita lakukan setiap hari. Dari sanalah muncul ide pembuatan animasi edukasi “Mencari Polusi” ini. Mengajak orang-orang untuk mencari tahu apa sebenarnya polusi itu.

Dalam animasi edukasi “Mencari Polusi” ini sendiri, memberikan informasi singkat tentang jenis-jenis polusi, sumber hingga dampaknya yang ada disekitar kita. Mulai dari polusi yang sudah sangat umum, hingga yang belum diketahui masyarakat banyak. Berikut dibawah ini adalah visual aset dari animasi edukasi “Mencari Polusi”.

r2

Dalam animasi edukasi ini, diperlihatkan beberapa scene sosok seorang narator. Berkepala kotak menyerupai kardus yang diartikan sebagai bahan daur ulang. Terdapat juga tongkat dibawah sang karakter, dimana karakter tersebut digerakkan sama seperti halnya pada wayang. Disini menjelaskan bahwa narator/aktor yang sebenarnya bukan yang penonton lihat, tetapi yang ada dibalik layar. Objek visual dibuat sesederhana mungkin agar terlihat lebih ikonik, karena visual ikonik lebih gampang ditangkap oleh mata penonton.

Warna yang digunakan didalam animasi edukasi ini secara dominan menggunakan warna cerah dengan warna latar sedikit gelap. Dimaksudkan agar visual terlihat secara jelas oleh sekaligus menarik mata penonton.

Berikut beberapa scene dari animasi edukasi “Mencari Polusi”.

r3

Demikiansekilas proses pembuatan animasi edukasi “Mencari Polusi” yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat serta menginspirasi Anda. Terima kasih.

Penulis,

Rifqi Dharna Pangestu


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close