People Innovation Excellence

Pembuatan Animasi Edukasi “Orangtua Bijak Anak Hebat”

Orangtua Bijak Anak merupakan salah satu animasi edukasi yang menggunakan media 3D. Animasi ini berisikan pengajaran tentang bagaimana cara mengkomunikasikan pendidikan moral terhadap anak yang lebih baik, yang diketahui karena baru-baru ini permasalahan yang sering terdengar seturut perkembangan jaman adalah orang yang segala sesuatu sudah tidak mau pusing lagi atau serba instan yang membuat seseorang malas memikirkan kembali dampak atau akibat dari suatu tindakan yang dilakukan. Didalam pembuatan animasi ini, terdapat beberapa bagian di antaranya adalah memperlihatkan permasalahan yang sering terjadi di dalam kehidupan sehari-hari misalnya adalah mengancam seorang anak, agar kemauan orangtua terpenuhi walaupun dengan cara menakut-nakutin sang anak, agar setelah anak terbiasa merasa taktut dengan apa yang menjadi objek dalam memarahi sang anak, mereka akan mudah membuat sang anak mau menuruti apa yang dikatakan oleh orangtua.

Animasi ini melewati beberapa tahap, tahap itu dimulai dari pembuatan konsep-konsep edukasi yang akan disampaikan yang kemudian menetapkan karakter apa saja yang akan masuk dalam adegan yang dibuat.

ortu2

Setelah karakter yang akan diangkat sudah dipastikan maka masuk dalam tahap Sketsa karakter sampai sekiranya sudah memenuhi kriteria-kriteria sifat yang diinginkan. Pemilihan warna sangat diperlukan untuk tahap selanjutnya, dengan warna yang tepat maka sifat dari karakter dan mood dapat sesuai dengan yang diinginkan.

ortu3

Karakter yang dipakai adalah seorang ayah, ibu, dan seorang anak laki-laki. Karakter ayah memiliki karakteristik yaitu seorang pekerja yang jarang bertemu dengan anaknya, kemudian karakter ibu yang pemarah yang disebabkan karena susahnya membuat anak menjadi seorang yang penurut, dan bukan anak perempuan melainkan anak laki-laki yang mempunyai alasan bahwa apa yang nasihat-nasihat yang dipakai pada seorang anak laki-laki hampir semuannya dapat diterapkan pada anak perempuan, namun jika nasihat-nasihat yang diberika pada seorang anak perempuan ada beberapa yang tidak dapat digunakan pada seorang anak laki-laki.

Gambar diatas merupakan karakter sheet dengan karakter-karakter yang sudah disetujui pada sketsa-sketsa sebelumnya. Dengan gambar ini, tahap yang dapat dilakukan selanjutnya adalah tahap memodeling, merigging dan menyekining setelah semua nya selesai maka dapat dilanjutkan pada tahap animating. Setelah proses-proses semua selesai maka dapat dilakukan proses compositing dan dibawah ini ada beberapa frame final look yang sudah dikompos menjadi satu video:

ortu4

Semua kembali pada kemauan dan niat masing-masing orang untuk menghilangkan kebiasaan menganggap remeh hal-hal yang kecil yang biasa tidak dianggap penting itu dapat memperbaiki pola hidup seseorang agar lebih bertanggung jawab. Kebiasaan-kebiasaan itu meliputi memikirkan terlebih dahulu apa dampak dan akibat sebelum melakukan tindakan tertentu dan membiasakan diri menjadi orang lain maka akan sedikit membantu kita untuk melakukan sesuatu yang baik dimata orang lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close