People Innovation Excellence

SHORT ANIMATION “SEPASANG SEPATU”

ss1

Musik merupakan salah satu bentuk seni yang terdiri dari unsur vokal atau instrumental, maupun kombinasi dua unsur tersebut, yang menghasilkan keindahan bentuk, harmoni dan ekspresi. Dalam sebuah studi intensif, ditemukan bahwa musik berfungsi sebagai media komunikasi yang kuat.Tidak sedikit pula musik yang memiliki kisah yang dapat membangun emosi.

Dalam pembuatan animasi pendek ini, penulis terinspirasi lewat lagu yang penulis dengarkan, buah karya penyanyi Muhammad Tulus Rusydi yang berjudul “Sepatu”. Selain vokal Tulus yang khas, balutan musik yang pas ditambah dengan lirik yang kuat adalah alasan utama penulis ingin mengangkatnya kedalam sebuah film animasi pendek.

ss2

Lagu ini menceritakan kisah cinta sepasang kekasih yang terhalang, karena batasan yang mereka miliki. Namun hubungan antara manusia ini dianalogikan sebagai sepasang sepatu. Mereka diciptakan untuk berpasangan namun apa daya, mereka hanyalah benda mati yang digerakan oleh kaki manusia.

Turning point dari kisah ini adalah bagaimana mereka berusaha untuk menentang takdir untuk bersatu, dengan segala macam rintangan yang akan mereka hadapi. Tujuan dari perancangan animasi pendek ini, untuk menceritakan kembali, bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi lewat kronologi sebab dan akibat melalui audio dan visual.

 

ss4

ss3

Rian dan Rani adalah tokoh utama dalam animasi pendek ini. Rian dan Rani divisualisasikan berupa pasangan sepatu sneakers. Dalam pengerjaannya penulis menggunakan referensi sepatu Converse, jenis low top yang berbahan kanvas. Dalam pemilihan sneakers, penulis memilih jenis Converse All Stars Chuck Taylor warna merah, yang unisex, simpel dan trendy tidak termakan waktu, warna merah memberikan kesan semangat yang membara, dan kegairahan emosi.

Untuk proses produksi, untuk mencapai bentuk yang kompleks dan detil, penulis menggunakan model highpoly. Untuk  texturing penulis menggunakan warna solid dengan bantuan manipulasi foto, untuk menciptakan kesan tekstur yang nyata. Kemudian dalam tahap rigging penulis menggunakan biped dan morpher. Setelah itu  proses animating  dengan cara pose to pose. Render engine yang penulis gunakan adalah mental ray. Dalam proses produksi ini penulis menggunakan software 3ds Max dan Photoshop. Setelah itu proses editing, seperti color grading, penambahan efek dan musik penulis lakukan di Adobe After Effect.

ss6

Demikian sekilas mengenai pembuatan animasi pendek “Sepasang Sepatu” Semoga dapat bermanfaat 🙂

Oskar Sugihharto

oskar.sugihharto@gmail.com

https://www.behance.net/oskarmail


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close