People Innovation Excellence

PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL FILM PENDEK ANIMASI “MOSQUITO SQUAD”

mos-1

Mosquito Squad adalah animasi pendek yang menceritakan tentang dunia nyamuk yang ternyata adalah dunia yang penuh teknologi. Nyamuk menggunakan berbagai macam teknologi maju untuk dapat mengumpulkan darah untuk telur-telur mereka. Berbagai alat telah dikembangkan untuk mencukupi kebutuhan berburu darah. Ada yang membuat nyamuk terbang sangat cepat. Alat yang bisa membuat nyamuk tidak terlihat oleh mata manusia. Ada kaki yang dapat membuat nyamuk sangat ringan sehingga manusia tidak dapat merasakan kehadiran nyamuk di kulitnya. Ada alat yang berguna untuk mendeteksi suhu tubuh manusia di dalam gelap. Alat-alat tersebut ditenagai oleh darah manusia dan bernaung dalam  suatu institusi. Tempat dimana nyamuk nyamuk terbaik dunia berkumpul dalam sebuah squad. Namun ada satu masalah besar yang dihadapi nyamuk – nyamuk tesebut. Markas besar mereka terletak di tengah rawa – rawa yang penuh dengan katak – katak yang lapar. Referensi dalam pembuatan animasi ini didapat dari membaca novel, dan dongeng, serta referensi internet  baru kemudian penulis, membuat cerita yang penulis inginkan untuk animasi. kemudian sifat tiap karakter yang disesuaikan dengan jalan cerita. Pembuatan environment juga disesuaikan dengan jalan cerita

mos-2

Setelah ceritanya sudah fix, maka dimulailah pendesainan karakter,  dimulai dari pembuatan Character Standard Manual (CSM) yang berisikan profile karakter dari bagian depan, samping, dan tiga perempat untuk mempermudah dalam pembuatan model. Warna warna yang digunakan adalah warna warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru, karena dapat dengan mudah menyatu. Baik environment maupun karakter semua dibuat dengan warna merah, kuning, dan biru.

mos-3

Adapun contoh-contoh pengambilan gambar dalam film ada long shot, agar menunjukan detail-detail environment, point of view, close up. Animasi ini diharapkan dapat menghibur penonton dengan bentuk karakter yang unik, serta dunianya yang bertemakan teknologi

Demikian lah ringkasan dalam proses pembuatan animasi pendek “Mosquito Squad” saya, semoga dengan dibuatnya artikel ini, dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan yang suka dengan animasi. Sekian dan terima kasih.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close