Environment Tutorial of Shining Courage

Shining_01

 

Shining Courage adalah film animasi 3D pendek berdurasi 5 menit yang ber genre action fantasy. Dengan style cartoonish dan environment yang dinamis film ini ditargetkan untuk anak-anak berusia sekitar 10 tahun. Dalam artikel ini akan saya jelaskan mengenai pembuatan model environment, texture dan sekilas tentang light dan render setting-nya.

Shining_02

Diatas adalah screen shot dari pembuatan salah satu item yang ada di dalam film Shining Courage. Semua benda yang saya buat disini adalah low poly agar tidak memberatkan proses saat produksi maupun render. Low poly juga akan mempermudah dan mempercepat pembuatan maupun texturenya. Namun di sisi-sisi dan sudut-sudut benda saya berikan satu champher agar tidak terlalu kaku.

Shining_03

Tiang kayu yang pada realitanya seharusnya lurus, saya buat berliku-liku dengan ukuran yang berbeda-beda seperti ini agar environment terlihat lebih menarik dan tidak kaku. Begitu juga dengan penyusunan benda-benda yang jumlahnya majemuk seperti apel dan wortel dipasar, ukurannya berbeda-beda dan di rotate.

Shining_04

Untuk pembuatan texture sebagian besar merupakan painting yang saya buat di Adobe Photoshop dengan brush yang halus dan cartoonish. Texture kayunya pun hanya saya ukir dengan brush, bukan dengan foto texture kayu. Dengan begitu semua texture pada environment akan sama style nya.

Shining_05

Dan hal kecil yang terlihat tidak penting namun sebenarnya sangat penting untuk membuat environment lebih hijau dan menarik adalah tanaman. Untuk tanaman saya menggunakan foto yang saya download dan crop dan saya aplikasikan texturenya pada plane dengan 2-sided nya di centang dan saya tumpukkan beberapa plane secara acak seperti ini.

Untuk environment malam hari di light dengan V-ray light berwarna keunguan dan kekuningan. Sedangkan untuk sore hari menggunakan light berwarna jingga dan ungu dengan multiplier yang kecil.

Shining_06

Caroline, 1301015201