People Innovation Excellence

Short Animation “Dewa Ruci” by Ragha Sukma Sejati

dew1

Dewa Ruci merupakan film animasi pendek ber-genre motion comic yang menceritakan tentang salah satu ksatria pandawa yang sangat terkenal dalam wayang, yaitu Bima. Diceritakan Bima yang masih muda memiliki sifat yang sombong dan angkuh, menganggap segala perbuatan yang dilakukannya selalu benar.

Suatu ketika gurunya Resi Durna memerintahkannya untuk pergi ke laut selatan untuk mengambil air kehidupan, tanpa pertanyaan apapun tentang maksud dan tujuan gurunya Bima langsung berangkat ke laut selatan. Padahal Resi Durna ingin mencelakai Bima agar Bima mati terbunuh di laut selatan oleh seekor naga disana. Bima berjalan ke laut selatan menghadapi raksasa dan kematian. Kemudian sesampainya Bima di laut selatan ia bertarung melawan naga dan ditelan oleh sang naga penunggu laut selatan. Di dalam perut naga Bima merenungkan perbuatannya, Ia sadar bahwa dirinya selama ini berada dalam kebodohan yang diselimuti keangkuhan. Perut naga disobek oleh kuku pancanaka senjata pamungkas Bima, namun Bima tenggelam dalam kematian. Di dalam kematiannya Ia bertemu dengan cahaya yang sangat terang, cahaya itu adalah Dewa Ruci yang merupakan sisi kebaikan Bima yang sangat luhur. Dewa Ruci memberikan wejangan kepada Bima agar tidak menjadi manusia yang bodoh dan sombong. Bima diberikan kehidupan kembali oleh Dewa Ruci, Ia kembali pulang untuk menemui gurunya dan bilang bahwa Ia telah menemukan air kehidupan yang sebenarnya.

dew2

Terdapat 5 karakter yang ada di film Dewa Ruci. Bima sebagai tokoh utama, Resi Durna sebagai gurunya Bima, Dewi Kunti sebagai Ibunya Bima, Raksasa, dan Naga yang merupakan musuh Bima.

dew3

Desain tokoh utama dibuat berdasarkan ciri karakteristik yang tertulis pada buku perwayangan, dan kemudian sedikit di sederhanakan dari berbagai macam ornamen – ornamen yang terlalu detail. Lalu proporsinya dibuat sedemikian rupa mengacu pada bentuk pahlawan – pahlawan super komik barat, karena Bima juga termasuk pahlawan super yang berasal dari Indonesia.

Selain desain karakter yang dibuat, penulis juga membuat desain environtment untuk background. Tempat latar belakang film ini terjadi di Kerajaan, Hutan, dan Pantai

dew6 dew5

Berikut adalah beberapa screenshot film “Dewa Ruci”

dew7

Demikian sekilas mengenai animasi “Dewa Ruci” ini, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi.

Penulis,

Ragha Sukma Sejati

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close