People Innovation Excellence

Short Animation “A Man Who Refused”

ManRefused

“A Man Who Refused” adalah sebuah film animasi pendek yang menceritakan tentang seorang pria tua bernama Adam. Dia pernah memiliki sebuah keluarga yang bahagia. Namun, takdir merenggut Istri dan anaknya. Semenjak hal tersebut terjadi, Adam membenci dan menyalahkan Tuhan karena telah mengambil keluarga yang dia anggap segalanya.

Kehidupan Adam sehari-hari sangat membosankan. Bangun di pagi hari, berangkat ke kantor, di sore hari pulang ke rumah, dan malam harinya tidur kembali. Keseharian yang membuat kehidupan Adam menjadi tidak bermakna. Hingga suatu hari, dia bertemu dengan seorang pengemis jalanan di halte bus, yang kemudian mengubah hidup Adam untuk selamanya.

 

ManRefused_01

Konsep cerita film animasi pendek ini diambil dari pengalaman hidup penulis sendiri, yang kemudian ditambahkan unsur dramatisasi agar lebih menarik untuk ditonton. Untuk desain karakter, penulis menggunakan gaya visual low poly untuk menekankan kesan kerasnya kehidupan yang dijalani ke dua karakter. Mata berwarna putih tanpa pupil melambangkan keputusasaan dan kesedihan serta jiwa yang hilang pada karakter.

Ada 2 karakter dalam film animasi pendek ini. Adam, karakter utama, memakai tweed jacket, celana chino, kemeja, dasi, dan sepatu sebagai pakaian kerjanya sehari-hari. Dia menggunakan kacamata untuk memperkuat karakter, dan menunjukkan kesehatannya berkurang seiring bertambah usia. Karakter Pengemis berpakaian simpel dengan kaos dan celana jeans pendek yang sudah kotor dan robek. Topi digunakan Pengemis untuk melindungi kepalanya dari terik matahari yang juga menunjukkan setting kota memiliki cuaca yang panas.

ManRefused_02

Terdapat 3 environment yang dijadikan setting utama. Kamar tidur Adam bertampilan simpel dengan wallpaper vintage dan susunan furniture yang rapi. Kumpulan buku yang berantakan mencerminkan kondisi kehidupan Adam. Kantor tertata cukup rapi dan lagi area kerja Adam sedikit berantakan. Halte bus terlihat kosong dan berdebu, menunjukkan sedikitnya populasi kota dan jarang yang memakai bus kota.

Berikut beberapa screenshot dari film animasi pendek “A Man Who Refused”.

 

ManRefused_03

 

ManRefused_04

Demikian penjelasan singkat konsep dan sedikit pembahasan visual dari film animasi pendek “A Man Who Refused”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah inspirasi serta referensi bagi yang membaca. Terima kasih.

 

Penulis,

Ridho Meka


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close