People Innovation Excellence

Character Design of “The Legacy of Nusantara”

Legacy_nusantara_01

“The Legacy of Nusantara” merupakan sebuah proyek serial animasi yang dirancang oleh Larentz Pratama Putra sebagai syarat untuk kelulusan DKV animasi. Serial animasi ini mengangkat tentang kisah legenda di tanah Nusantara yang bergabung menjadi satu karena kedatangan penguasa Underworld realm yaitu ”Demon King”. Kedatangan Demon King kedalam dunia membuat dimensi waktu dan zaman hancur yang mengakibatkan seluruh ksatria legenda dari Nusantara tergabung menjadi 1 zaman.

Kisah ini dimulai saat Ken Arok salah satu ksatria Nusantara yang dijuluki penguasa dan raja pertama kerajaan Singasari memenangkan sebuah peperangan. Saat ia memenangkan peperangan tersebut ia berseru bahwa dia adalah orang yang paling hebat, tidak ada yang dapat menaklukkan ambisi dan kekuatannya bahkan raja iblis sekalipun. Namun ternyata kata-kata Ken Arok ini terdengar oleh penguasa Underworld Realm yaitu Demon King. Demon King pun murka mendegar manusia menantangnya sehingga Demon King memutuskan untuk turun ke tanah Nusantara untuk membuktikan bahwa ia adalah yang paling kuat. Namun kedatangan Demon King ini rupanya memberi bencana bagi tanah Nusantara. Kedatangan Demon King menyebabkan dimensi waktu dan zaman menjadi hancur, akibatnya seluruh legenda yang pernah hidup di tanah Nusantara semuanya tergabung menjadi 1 zaman.

Ken Arok terkejut bahwa Demon King datang dan memiliki kekuatan yang diluar batasan manusia, hal ini membuatnya sadar bahwa Demon King tidak bisa dikalahkan sendirian. Oleh karena itu Ken Arok memutuskan untuk merekrut ksatria Nusantara yang sebanding atau lebih hebat dari dirinya untuk dijadikan perwira dalam memerangi Demon King.

Serial animasi ini mengambil gaya penceritaan Fantasy Historical dimana penceritaan dan gerakan action dari karakter akan di-hiperbola-kan, seperti karakter yang bisa terbang dan bertarung diudara atau penggunaan ilmu sihir.

Ken Arok

Ken Arok adalah pemeran utama dalam serial ini. Dikisahkan dalam legendanya Ken Arok adalah seorang penguasa dan raja pertama kerajaan Singasari. Awalnya Ken Arok adalah seorang pencuri namun pada suatu ketika muncullah sebuah ambisi untuk membangun suatu kerajaan. Dalam serial ini Ken Arok diceritakan sebagai karakter yang memulai konflik cerita, karena pada cerita ini saat Ken Arok memenangkan peperangan ia berseru dan menantang Demon King, rupanya ucapan Ken Arok didengar oleh Demon King yang akhirnya murka dan turun ke dunia untuk membuktikan kalau ia adalah mahluk yang paling kuat. Ken Arok dalam kisah ini dijadikan sebagai seorang pemimpin dan orang yang merekrut pasukan ksatria Nusantara yang ingin melawan tirani Demon King, pada kisah ini nantinya Ken Arok yang hanya memiliki sikap egois dan arogan nantinya berubah setelah melihat penderitaan orang lain karena sikapnya.

Legacy_nusantara_02

 

Srikandi

Srikandi dalam serial ini adalah karakter kedua atau bisa disebut juga sebagai main heroine. Srikandi dalam legenda dikisahkan sebagai istri Arjuna, wanita yang lemah lembut namun memiliki kemampuan untuk bertarung juga sebagai ksatria Nusantara. Dalam serial ini dikisahkan Srikandi kehilangan kerajaannya karena Demon King yang datang dan menghancurkan kerajaannya, oleh karena itu Srikandi bertekad untuk mencari apakah masih ada orang kerajaan yang masih hidup dan membunuh Demon King karena sudah menghancurkan kerajaannya. Srikandi pertama kali bertemu dengan Ken Arok pada saat ia bertarung melawan beberapa pasukan Demon King, Ken Arok merekrutnya karena ia melihat potensi yang ada didalam Srikandi, karena Srikandi dan Ken Arok memiliki tujuan yang sama yaitu mengalahkan Demon King maka Srikandi pun setuju untuk ikut menjadi pasukan Ken Arok.

Legacy_nusantara_03

 

Jaka Tarub

Jaka Tarub adalah karakter ketiga dalam serial ini. Jaka Tarub merupakan karakter yang berasal dari cerita rakyat yaitu “Jaka Tarub dan 7 bidadari”. Dalam Legenda Jaka Tarub adalah sorang pemburu di hutan gunung Keramat. Dalam cerita ini Jaka Tarub tidak mengetahui apa yang terjadi pada tanah Nusantara dan kedatangan Demon King. Jaka Tarub pertama kali bertemu dengan Ken Arok dan Srikandi didalam suatu hutan, Jaka Tarub awalnya ingin mencuri perhiasan mereka, akan tetapi Ken Arok sadar akan hal itu dan akhirnya Ken Arok bertarung melawan Jaka Tarub, setelah duel Ken Arok menyadari Jaka Tarub juga memiliki potensi walaupun ia masih muda. Akhirnya Ken Arok menawarkan Jaka Tarub jika ia ikut dengannya maka akan diberikan sejumlah harta yang berlimpah. Jaka Tarub tergiur dengan tawaran tersebut dan akhirnya ikut dalam perjalanan Ken Arok.

Legacy_nusantara_04

 

Demon King

Demon King adalah tokoh antagonis dalam serial ini, Demon King adalah tokoh fiksi dan diceritakan dalam serial ini penguasa dari Underworld Realm. Demon King adalah perwujudan dari berbagai sifat-sifat jahat manusia. Demon King secara fisik memiliki tubuh raksasa karena kesaktian yang dimiliki lebih besar dari manusia. Selain itu Demon King digambarkan dengan sosok mahluk setengah ular karena melambangkan sifat licik, memiliki wajah leak untuk menggambarkan Demon King adalah sosok yang mengerikan. Dalam cerita ini Demon King berambisi untuk mengalahkan Ken Arok yang menantangnya, namun ia tahu bahwa Ken Arok mengumpulkan ksatria Nusantara untuk melawannya, Demon King pun tidak tinggal diam, ia juga mengumpulkan ksatria Nusantara untuk dihasut dan dijadikan bawahannya.

Legacy_nusantara_05

 

Berikut ini adalah beberapa screenshot dari serial The Legacy of Nusantara

Legacy_nusantara_06

Penulis membuat proyek film animasi serial ini dengan tujuan menyelesaikan Tugas Akhir didalam masa perkuliahan selama 4 tahun. Akan tetapi adalah sebuah keinginan dan cita-cita penulis agar karya ini nantinya bisa dipandang oleh beberapa production house yang sekiranya mampu membiayai kelanjutan serial ini agar bisa direalisasikan kedalam masyarakat. Penulis juga ingin menyampaikan pesan lewat serial ini bahwa Legenda, sejarah ataupun cerita rakyat masih bisa dibuat dan dikemas secara tampilan yang lebih modern dan gaya cerita yang sedikit unik. Walaupun karya ini masih jauh dari sempurna penulis ingin agar para animator ataupun 3D modeller dapat menaruh perhatian lebih pada karya ini.

Demikian bahasan mengenai desain karakter dari serial animasi “The Legacy of Nusantara” mudah-mudahan dengan ini bisa memberi inspirasi dan motivasi yang lebih untuk animator ataupun 3D modeller di Indonesia.

Penulis,

Larentz Pratama Putra


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close