Animasi Pendek “SIGN OUT”

SignOut_01

Animasi Pendek “SIGN OUT” merupakan sebuah animasi pendek yang bercerita tentang sepasang kekasih yang melakukan percakapan online dengan aplikasi media sosial LINE Messenger yang berujung pada perang stiker. Animasi ini disajikan dalam bentuk animasi 3D dengan perpaduan 2D yang bergenre humor.

Peran media sosial saat ini sangat penting dalam upaya komunikasi. Bukan hanya mengungkapkan kata – kata saja, namun media sosial dapat digunakan untuk merepresentasikan ekspresi maupun gestur melalui fitur stiker, seperti pada LINE Messenger.

Sang perempuan, bernama Mimi merupakan seorang yang kecanduan media sosial LINE. Ia sedang berbalas pesan dengan kekasihnya, Tomtom, yang ada di tempat lain. Sang kekasih membalas pesan Mimi secara singkat, kemudian Mimi kesal dan memberikan stiker bertubi – tubi sehingga terjadilah perang stiker.

SignOut_02

Dalam animasi ini, tidak ada adegan karakter – karakternya yang melakukan komunikasi verbal, untuk menggambarkan situasi penggunaan media sosial saat ini. Selain itu sepanjang cerita, karakter hanya akan berkutat dengan telepon selulernya, kecuali Tomtom, yang tidak begitu kecanduan media sosial yang terkadang melakukan hal lain selain menggunakan telepon selulernya.

SignOut_03

Animasi ini merupakan animasi bertema humor keseharian masyarakat pengguna media sosial LINE Messenger. Cerita diangkat berdasarkan pengalaman pribadi teman penulis. Tujuan penulis membuat animasi ini adalah memberikan hiburan sekaligus awareness kepada masyarakat bahwa hal seperti ini, yaitu terus menerus dalam komunikasi non – verbal dapat memberikan dampak kepada komunikasi masyarakat di masa depan.

Contoh scene pada animasi pendek SIGN OUT ini :

SignOut_04

 

Penulis.

 

Jose Adiyasa Jong