mb1

Jaman sekarang, kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin berkembang. Namun, tak jarang masih banyak orang yang mengesampingkan manfaat dari pola hidup yang dijalani. Vegan merupakan salah satu pola hidup yang memiliki banyak manfaat positif untuk diri sendiri dan lingkungan. Selain itu, vegan mulai dikenal tetapi masih banyak orang yang masih kurang paham secara benar dan tepat. Vegan juga masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang karena dianggap kurang dapat memenuhi gizi. Animasi edukasi “Mari Kita Bervegan” ini dibuat dengan harapan agar informasi tentang vegan dapat tersampaikan dengan baik terutama untuk anak-anak. Karena usia anak-anak lebih mudah untuk memberikan pengajaran serta arahan. Animasi ini dibuat dengan mengutamakan unsur manfaat dan sisi positif dari bervegan.

mb2

Animasi edukasi ini menggunakan teknik 2D dengan motion graphics dan infographics sederhana. Pada animasi edukasi ini terdapat karakter yang bertindak sebagai karakter cameo. Dikarenakan animasi ini tidak menggunakan dialog sebagai penyampaian isi cerita, melainkan dengan teknik naratif. Aset visual yang dipergunakan juga beragam dan sebagian besar merupakan sayur dan buah-buahan sebagai fokus utama dari animasi ini. Tone color yang digunakan berwarna-warni cerah karena animasi ini target utamanya adalah anak-anak yang di mana, berdasarkan survei pengamatan, anak-anak menyukai warna-warni yang cerah. Selain itu, untuk memaksimalkan penggunaan animasi edukasi untuk anak-anak, penulis membuat animasi edukasi ini masuk kedalam ranah pendidikan dengan sistem tematik yang sudah mulai banyak digunakan untuk kurikulum pendidikan di Indonesia.

mb3

Proses pembuatan dari animasi edukasi ini adalah pertama-tama, penulis memikirkan ide dan konsep terlebih dahulu, mengumpulkan data-data melalui berbagai media, baik media cetak, internet maupun survei. Berlanjut pada pembuatan naskah isi cerita. Setelah itu membuat storyboard sketch, dilanjutkan dengan pembuatan layout dengan sudah dilengkapi warna. Setelah layout sudah fix, berlanjut dengan dibuatlah final storyboard. Kemudian dimulai membuat animasinya dilengkapi dengan motion graphics dan infographics. Setelah animasi selesai dibuat, animasi diedit dan diberikan dubbing narasi, sound effect dan music background ceria yang cocok untuk anak-anak.

Tujuan dari pembuatan animasi edukasi “Mari Kita Bervegan” ini adalah supaya masyarakat terutama anak-anak mendapatkan informasi yang tepat dan mulai memiliki rasa ketertarikan untuk mengubah pola hidupnya yang lama menjadi pola hidup vegan.

mb5 mb4

Penulis berharap animasi edukasi “Mari Kita Bervegan” ini dapat memberikan wawasan baru dan manfaat positif bagi yang menyaksikannya. Dan terlebih diharapkan masyarakat mulai mengubah pola hidupnya menjadi seorang vegan. Terima Kasih.

Penulis,

Lisa Madona