People Innovation Excellence

The Making Of Animated Series “Sekolah Menengah Kesetanan”

smk1

Sekolah Menengah Kesetanan adalah sebuah serial animasi karya Danny Setiadi yang menceritakan tentang keseharian konyol para setan-setan muda yang belajar untuk menjadi setan-setan yang menakutkan. Di Sekolah Menengah Kesetanan ini terdapat kelas khusus yaitu Kelas 13 yang hanya menerima setan setan terpilih, yaitu Acong Pocong, Oechil Tuyul, Suzzanti Titisan Suzzana, dan Si Seksi Jembatan Ancol. Dan diajar langsung oleh setan yang paling dihormati di dunia gaib yaitu Mak Lampir, yang merupakan setan yang paling dihormati dan paling berjasa dalam menjadikan Sekolah Menengah Kesetanan menjadi sekolah yang paling angker.

smk3

Terdapat 5 karakter dalam serial animasi Sekolah Menengah Kesetanan ini. Pada prosesnya  saya memulainya dengan pembuatan desain karakter yang mengambil referensi dari penggambaran masyarakat dan sifat dan ciri-ciri dari masing-masing setan. Penggunaan bentuk dasar menjadi elemen penting dalam proses pembuatan desain karakter. Selain untuk penyederhanaan penggunaan bentuk dasar juga membuat desain karakter lebih mudah diingat oleh masyarakat. Setelah mendapatkan bentuk karakter yang sesuai lalu dilanjutkan membuat karakter 3D, berikut adalah hasilnya

smk2

Pada serial animasi ini, hal yang paling diutamakan adalah karakter. Desain karakter harus bisa menarik perhatian dan memberikan penggambaran yang sesuai terhadap masing-masing setan, karena memang karakter yang dipakai adalah setan-setan Indonesia.

Berikut adalah beberapa scene dalam trailer serial animasi Sekolah Menengah Kesetanan­

smk-4

Demikian sekilas proses perancangan serial animasi “Sekolah Menengah Kesetanan” ini. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih

Penulis

Danny Setiadi


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close