People Innovation Excellence

THE MAKING OF “HEART FROM THE OCEAN”

hf1

“It takes courage to grow up and turn out to be who you really are.” – E.E. Cummings

Heart From The Ocean merupakan animasi pendek yang bercerita mengenai tradisi berburu jantung paus yang harus dilakukan oleh seorang pemuda sebagai bagian dari ritual kedewasaan. Dimana pemuda mengalami kebimbangan dalam dirinya akan arti kedewasaan. Ia harus memilih untuk tetap memburu jantung paus atau pulang dengan tangan hampa.

hf2

Animasi ini merupakan sebuah cerita fiksi yang terinspirasi dari tradisi masyarakat Lamalera yang melakukan perburuan ikan paus selama berabad – abad.

hf3

Dalam pembuatan animasi ini terdapat berbagai motif yang diambil dari kain tenun flores untuk menambah nuansa etnik yang mencerminkan budaya khas Indonesia bagian timur.

Dari segi pembuatan desain karakter, dilakukan studi bentuk yang terinspirasi oleh Animasi Baobab, Animasi Goat & Aaron, Tribe Character for Animation Mentor serta Rig Animation Mentor.

Berikut merupakan sketsa bentuk awal dalam pemilihan karakter, dalam proses pembuatan teksture karakter maupun environment menggabungkan motif etnik dengan nirmana datar agar adanya keseimbangan dalam desain serta menjadikannya lebih menarik dan unik.

hf4

hf5

Animasi ini dibuat dengan mengunakan teknik 3D dan berikut merupakan bentuk screenshot dalam proses pembuatan animasi Heart From The Ocean.

hf6a

Berikut screenshot dari beberapa scene dalam animasi pendek Heart From The Ocean

hf6

Demikian sekilas mengenai proses perancangan animasi pendek “Heart From The Ocean.” Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih.

Penulis,

Yolanda Chauwaloka

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close