People Innovation Excellence

Animasi Pendek “Coline” by Fanny Tjhindra

colin1

Coline adalah sebuah animasi pendek yang menceritakan kisah seorang anak perempuan yang berumur 3 tahun, dia tingal bersama mamanya. Akan tetapi mamanya selalu sibuk dengan gadget-nya sehingga Coline diabaikan. Animasi pendek ini muncul dari ide si penulis yang melihat keadaan saat ini yang sangat banyak ibu-ibu yang memiliki anak mentelantarkan anak-anak mereka hanya karena bermain gadget. Banyak kejadian anak mengalami kecelakaan kecil hingga berujung kematian. Tujuan utama dalam pembuatan short animasi ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat dampak  ketergantungan gadget dengan cara penyampaian yang berbeda yaitu menyampaikan sebuah cerita tentang topik ketergantungan gadget. Serta menyajikan animasi yang berkualitas baik, dan diharapkan dapat memajukan animasi lokal.

col2

Proses pembuatan animasi pendek ini memakan waktu 4-5 bulan dimulai dari pembentukan konsep, alur cerita, pembentukan karakter hingga final. Penentuan bentuk ciri-ciri setiap karakter di buat sesuai dengan penampilan masa ini. Anak kecil yang lucu dibuat memiliki sifat yang sensitif dan lembut. Selain itu mama yang di buat berkarakter selayaknya ibu muda saat ini yang cantik dan sexy.

Animasi pendek ini mengunakan style cartoon yang dipengaruhi kartun barat di sesuaikan oleh si penulis. Tone warna yang digunakan dalam animasi pendek ini adlah warna pastel yang lembut. Tahap pembuatan karakter Coline dan mamanya dimulai dari karakter sketch, di tahap ini pembentukan karakter dari bentuk wajah, penampilan, seta warna di tentukan di tahap ini. Setelah itu pembentukan karakter dalam 3D mengunakan softwere Autodesk Max. Pembentukan karakter ini memakan waktu selama 1 bulan. Selain pembuatan karakter, asset-aset lainnya seperti kota, tempat atau pun objek-objek yang di perlukan. Setalah itu masuk ke proses rigging dan skinning.

col3

Setelah semua asset sudah siap dimulainya proses animasi atau karakter tersebut digerakan  sesuai dengan animatik. Selain itu penempatan kamera juga sangat penting di sesuaikan dengan scene yang ingin di tampilkan. Setelah semua animasi sudah siap, masuk ketahap lighting dimana tahap ini semua scene di beri penerangan yang sesuai dengan kondisi yang ingin ditampilkan. Jika semua asset sudah siap, masuk ketahap rendering. Compose  juga tahap yang sangat penting dalam proses pembuatan animasi pendek ini. Compose bisa membuat video kita lebih baik dengan mengatur warna, shading, dan aspek-aspek pendukung lainnya.

col4

Secara keseluruhan  animasi pendek ini diharapkan dapat bermanfaat bagi yang menontonnya, serta dapat tersampainya makna dari animasi pendek ini. Secara tidak langsung diharapkan dapat berkurannya ibu-ibu yang terlalu terpaku dengan gadget mereka, sehingga dapat mengontrol tumbuh kembang anak mereka. Selain itu, animasi pendek ini diharapkan dapat menghibur para penonton.

Berikut ini adalah potongan scene yang terdapat di animasi pendek “Coline”:

col5

Demikian sekilas proses pembuatan dari animasi pendek “Coline”. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan menginspirasikan anda. Sekian dan terima kasih.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close