People Innovation Excellence

The Making of “Nasihat Burung Bulbul” Animation Short Story by Melissa

Nasihat Burung Bulbul merupakan salah satu film 3D animasi pendek yang diangkat dari cerita rakyat asal Eropa dengan judul asli “The Nightingale”.  Tidak hanya melalui cerita rakyat lokal, tetapi juga mancanegara kita bisa mempelajari pesan moral dari suatu cerita. Berdasarkan hal inilah muncul ide untuk mengangkat salah satu cerita rakyat Eropa dengan pesan kebijaksanaan untuk memberikan pengalaman yang baru kepada penonton.

nasihat-bul-bul

Karena Burung Bulbul tidak terdapat di Indonesia dan masih banyak orang yang belum mengetahuinya, maka saya akan menjelaskan sekilas mengenai burung yang unik ini. Burung Bulbul di negara tempatnya berasal sering disebut sebagai Burung Nightingale. Namun, di Turki mereka menyebutnya dengan nama Bulbul. Karena lebih mudah di-eja maka di Indonesia pun orang lebih sering memanggilnya dengan nama Bulbul. Burung Bulbul banyak terdapat di Negara Eropa dan Asia Barat Daya (Timur Tengah). Namun karena perbedaan cuaca  dan termasuk hewan yang dilindungi, maka Burung Bulbul tidak terdapat  di Indonesia. Burung Bulbul Bertubuh mungil  dengan ukuran terbesar 16 cm. Burung Bulbul aktif berkicau baik pagi maupun malam hari. Kicauannya yang merdu telah banyak menginspirasi para musisi dan penulis puisi terkenal dunia, salah satunya adalah William Shakespeare.

Tahap pembuatan film pendek ini yaitu setelah ide dasar dan cerita telah diperoleh, saya mulai  mengumpulkan data-data yang menunjang pembuatan film ini, yaitu referensi film Eropa untuk melihat gaya berpakaian dari zaman tertentu (1800-1900), warna, bentuk bangunan, dan sebagainya. Warna merupakan elemen penting di sini. Karena mengambil referensi era 1800-1900 maka warna-warna yang saya gunakan cenderung bersaturasi rendah dengan warna dominan cokelat. Warna dari Burung Bulbul itu sendiri saya ambil berdasarkan warna asli dari referensi yang saya peroleh. Setelah lengkap barulah kemudian saya membuat sketsa desain karakter dan environtmentnya.

bul-bul01

Dari segi cerita, saya mulai menyusun treatment cerita berupa poin-poin secara garis besar, menyusun naskah cerita, setelah itu baru dilanjutkan dengan pembuatan storyboard agar alur dan sudut pengambilan gambar mulai terlihat.

bul-bul02

Setelah konsep 2D dari karakter dan environtment sudah jadi, baru dilanjutkan tahap modeling 3D dan proses animate. Dalam proses produksi ini, manajemen waktu sangatlah penting. Dibutuhkan konsistensi dan komitmen dalam mengerjakan agar semuanya dapat terselesaikan tepat waktu dan memperoleh hasil yang memuaskan. Tahap akhir yaitu compositing dan editing. Dalam tahap compose saya mengatur zdepth dari hasil render untuk menciptakan kesan kedalaman dan tahap editing untuk menggabungkan scene per scene, menambah sound  effects serta background music.

Berikut beberapa scene dalam film Nasihat Burung Bulbul :

bul-bul03

Demikianlah sekilas proses pembuatan film Nasihat Burung Bulbul yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda, Terima kasih.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close