Animasi film pendek “Rosela & Carousel”

Rosela-&-Carousel

Masa kecil pasti identik dengan cerita atau dongeng sebelum tidur. Dari dongeng inilah anak-anak menemukan pelajaran non-formal. Rosela & Carousel sendiri merupakan film pendek animasi yang menceritakan tentang perjalanan hidup Rosela mungil yang dibuang ke dunia asing. Walau banyak rintangan yang menghalangi tanpa patah semangat ia tetap menjalani hidupnya dan akhirnya menemukan kebahagiaannya sendiri.

Rosela & Carousel adalah animasi film pendek karya Tugas Akhir Kartika Sari yang berbasis storytelling sehingga memudahkan anak-anak untuk menikmati alur cerita. Pada artikel ini, membahas tentang proses perancangan tokoh atau karakternya.

Pada proses pembuatan Rosela & Carousel, saya memulainya dengan konsep cerita dan juga desain karakter yang sesuai dengan karakteristik peran dari masing-masing tokoh. Pengolahan bentuk dan warna sangatlah penting, contohnya bentuk yang tidak kaku untuk mengidentifikasikan karakter yang positif  dan bentuk yang agak kaku untuk menunjukkan karakter yang negativ, namun tetap nyaman untuk dilihat. Begitu pula dengan warna. Saya banyak memakai tone warna cerah yang menarik untuk anak-anak.

Rosela-&-Carousell03

Rosela-&-Carousell02

Dalam film animasi pendek ini saya banyak menunjukkan long shoot agar terlihat perbandingan ukuran antara karakter yang mungil dengan latarbelakangnya.

Rosela-&-Carousell04Demikian hasil karya Tugas akhir saya, semoga dapat membantu.