People Innovation Excellence

Animasi Edukasi Tentang Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Kesehatan

manfaat-coffe

 

Pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis diberi kesempatan untuk menjelaskan sedikit tentang tugas akhir saya sesuai judul diatas. Mungkin diantara kalian yang menonton hasil karya tugas akhir saya ini akan bertanya-tanya mengapa pemilihan visualnya bisa seperti itu dan berdasarkan apa saya memilih penggunaan konsep untuk tugas akhir saya kali ini. Maka saya akan bahas sedikit mengenai visual tugas akhir saya ini.

Tugas akhir saya ini mengusung konsep “modern – vintage” untuk hampir seluruh pembuatan karya ini, baik dari gaya gambar maupun pemilihan warna. Namun semua itu tidak serta merta muncul begitu saja, bbrp referensi visual yang kuat saya jadikan sebagai pedoman dalam eksekusi untuk bagian-bagian dalam tugas akhir saya ini. Mengapa “modern” namun ada kata “vintage” nya? Karena dalam tugas akhir kali ini saya telah mensurvey bahwa minuman kopi sudah ada dari sejak dahulu kala, bahkan dari jaman kuno, namun agar visual lebih menarik untuk di baca oleh khalayak masyarakat luas di era modern ini, maka saya juga berusaha menyampaikan visual dengan style era modern ini, juga untuk pemilihan warna dan lain sebagainya.

Masyarakat pada umumnya mengenal kopi sebagai minuman yang dapat menghilangkan rasa kantuk, tanpa mengetahui efek lainnya yang terdapat dalam manfaat tumbuhan kopi, baik itu manfaat secara konsumtif ataupun manfaat lain yang memang terkandung dalam tumbuhan kopi murni itu sendiri. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat film pendek animasi edukasi yang berguna untuk memberi pengetahuan tambahan bagi masyarakat yang belum mengetahui manfaat tambahan yang dimaksud.

manfaat-3

Kopi di masa sekarang ini telah menjadi minuman yang tidak sekedar diminum berdasarkan manfaat secara umumnya saja yang sebagaimana banyak diketahui yaitu menghilangkan atau mengurangi rasa kantuk. Kopi dijaman sekarang ini juga sudah menjadi trend gaya hidup dimana kita dapat menjumpai banyak masyarakat yang mengkonsumsi kopi jika sedang berjalan-jalan atau duduk santai di kafe-kafe terdekat di dalam mall.

manfaat-coffe1

 

Kopi adalah minuman yang sangat populer dan mendunia. Saat ini, istilah coffee morning telah menjadi salah satu gaya hidup kalangan tertentu di  coffee shop, café hotel, atau plaza. Harga secangkir kopi pun ikut melejit seiring dengan perubahan gaya hidup  kalangan tertentu yang menjadikan acara minum kopi sebagai suatu tradisi.

Tak bisa dipungkiri minum kopi di cafe dengan harga puluhan ribu bahkan ratusan ribu rupiah adalah gengsi tertentu bagi peminumnya. Tak heran jika cafe atau coffee shop semakin menjamur, jaringan cafe Starbuck di dunia meraup keuntungan dari gaya hidup kelas atas ini. Saat ini, kopi merupakan komoditi terbesar kedua yang diperdagangkan setelah minyak bumi.

manfaat-coffeee2

 

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian di Swedia menyatakan bahwa minum kopi secara teratur memang berdampak baik buat tubuh, namun jika berlebihan bisa memicu masalah kesehatan. Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir sehari karena dikhawatirkan menimbulkan efek negative seperti di atas. Kopi memang nikmat, namun kesehatan jauh lebih penting dibanding menikmati kopi secara berlebih. Selamat menikmati secangkir kopi Anda.

Penulis,

Tomy Tambrani


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close