People Innovation Excellence

The Making Of Animated Documentary “EARTH, ARE YOU OKAY?”

danang

“EARTH, ARE YOU OKAY?” adalah film animasi edukasi yang membahas tentang kehidupan di bumi setalah lahirnya tekhnologi yang diciptakan manusia. Lahirnya tekhnologi ini berdampak buruk terhadap kehidupan dibumi karena manusia yang tidak sadar bahaya dari tekhnologi tersebut. Seiring berjalannya waktu, populasi manusia meningkat dan meningkat pula permintaan tekhnologi. Kondisi ini membuat keadaan bumi semakin memburuk. Dari film animasi edukasi ini, saya ingin menyadarkan dan memberi informasi kepada masyarakat apa yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak buruk yang terjadi bumi.

earth01

“EARTH, ARE YOU OKAY?” adalah karya tugas akhir dari Danang Ramadhan, yang membahas tentang pencemaran lingkungan  yang dilakukan oleh manusia. Pada artikel ini, membahas tentang konsep perancangan “EARTH, ARE YOU OKAY?” Pada proses pembuatan “EARTH, ARE YOU OKAY?” ini, saya memulai dengan style vector illustration. Style ini digunakan untuk membuat suatu awal yang menarik, simple dan mudah dipahami. Kemudian saya menggunakan style traditional animation. Style ini digunakan untuk mendapatkan kesan old. Selanjutnya saya menggunakan style vector illustration dengan style warna solid. Style ini digunakan agar mudah dipahami dan memperjelas motion gambar. Pada bagian akhir atau penyelesaian masalah dari film ini, saya menambahkan outline untuk menegaskan gambar-gambar yang akan di informasikan.

earth02

Dalam film animasi edukasi ini memiliki tiga style design yang berbeda dan menggunakan tone warna yang mendukung untuk ketiga style tersebut. Background yang digunakan menggunakan texture kanvas, noise dan polka dot.

Berikut beberapa scene dalam film “EARTH, ARE YOU OKAY?” :

earth03

Demikian sekilas proses pembuatan film “EARTH, ARE YOU OKAY?” yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat atau menginspirasi Anda. Terima kasih.

 

 

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close